Mubarrok, M. Husni (2019) Upaya guru ilmu pengetahuan sosial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Proses belajar tidak lepas dari hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa itu sendiri. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar pada dasarnya adalah suatu gejala yang nampak dalam berbagai manivestasi tingkahlaku, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kesulitan belajar siswa akan berdampak terhadap prestasi belajar siswa karena untuk memperoleh prestasi yang baik dapat diperoleh dari perlakuan belajar disekolah maupun di luar sekolah dan atas ketentuan serta usaha siswa dalam belajar. Hal ini juga terjadi dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, oleh karena itu upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, penting bagi guru dijadikan masukan untukmemperbaiki proses belajar mengajar di kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menjelaskan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan. (2) Menjelaskan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 4 Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan di atas, di gunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian kunci adalah peneliti itu sendiri, dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan cara mereduksi data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tingkat pengetahuan siswa sangat rendah dalam memahami mata pelajaran IPS, siswa juga sering bergurau dengan temannya ketika guru menerangkan materi pelajaran, siswa menganggap pelajaran IPS membosankan serta susah di hafal, Kurangnya dukungan dari orang tua, siswa tidak pernah belajar ketika dirumah, hal ini terlihat ketika siswa tidak mengerjakan PR. Orang tua kurang menguntrol siswa untuk belajar. Guru berupaya membuat langkah-langkah pembelajaran serta metode pembelajaran yang beraneka ragam. Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. (2) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan memberikan perhatian khusus pada siswa tersebut selain itu guru menggunakan berbagai macam metode dan media saat proses pembelajaran.
ENGLISH:
The learning process can not be separated from the obstacles that are experienced by students. Learning difficulties are a condition in the teaching and learning process where students cannot learn as well. Learning difficulties are basically a symptom that appears in various behavioral manifestations, both directly and indirectly. Student learning difficulties will have an impact on student learning achievement because to obtain good achievements can be obtained from the treatment of learning at school and outside of school and efforts of students in learning. This also happens in learning Social Sciences, therefore the efforts of teachers in solving student learning difficulties in social studies subjects are important for teachers to be used as input to improve the teaching and learning process in the class.
The purposes of the research are to: (1) Explain the caused factors of learning difficulties of eighth class of the students at Public Islamic Junior High School of 4 of Pasuruan. (2) Explain the teacher attempts in solving the learning difficulties of of eighth class of the students at Public Islamic Junior High School of 4 of Pasuruan.
To achieve the objectives above, it is used a qualitative research approach with the type of descriptive research. The key research instrument is the researcher, and the data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Data is analyzed by reducing data and drawing conclusions.
The results of the research showed that, (1) The level of knowledge of students is very low in understanding social studies subjects, students also often joke with friends when the teacher explains the subject matter, students consider social studies to be boring and difficult to memorize, Lack of support from parents, students never learn at home, this is seen when students do not do homework. Parents do not control students to study. The teacher seeks to make various learning steps and learning methods. To create a pleasant learning atmosphere. (2) The efforts in solving the learning difficulties are identifying students who have learning difficulties, and giving special attention to these students besides the teacher uses various methods and media during the learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | upaya guru; kesulitan belajar; teacher efforts; learning difficulties | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 14:20 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14377 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |