Ikhwanudin, Ikhwanudin (2019) Peran pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan akhlak di SMA An Nur: Studi tentang interaksi sosial. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pondok Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam yang dikembangkan bagi kemajuan peradaban Islam baik dalam bidang Ilmu agama ataupun ilmu umum lainnya. Kemudian Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh setiap manusia untuk mengembangkan potensi dirinya dalam ruang formal ataupun informal, sehingga terbentuk suatu karakter yang mampu membawa seseorang tersebut kepada kehidupan yang lebih baik. Selanjutnya Peran Pesantren adalah untuk mengembalikan akhlak setiap manusia menjadi lebih baik lagi dan mampu menjadi pusat studi Islam khususnya dan ilmu umum lainnya, sehingga bisa diakui oleh peradaban dunia bahwa pesantren adalah pusat pendidikan terbaik. Dan Interaksi Sosial adalah suatu hubungan yang terjalin antara dua orang atau lebih yang saling memberikan pengaruh atau timbal balik, dan hubungan ini selalu dimulai dengan adanya kontak sosial dan komunikasi diantara kedua belah pihak.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana sistem pendidikan akhlak yang diterapkan di SMA An Nur Bululawang Malang. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan akhlak di SMA An Nur Bululawang Malang (Studi tentang interaksi sosial).
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Selanjutnya infroman penelitian ini adalah siswa-siswa SMA An Nur Bululawang Malang tahun pelajaran 2018-2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Data dianalisis dengan menggunaan teorinya Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. kemudian di paparkan hasilnya dan ditarik kesimpulannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan akhlak di SMA An Nur Bululawang ini sudah disesuaikan dengan ajaran Islam sesuai kata Ust. Nur Kholis dan Bapak Abdul Ro’i selaku guru dan Ustad pengurus di Pondok tersebut. Karena pendidikan pesantren sendiri mengajarkan sopan santun dan tata krama dalam menghormati yang lebih senior dan juga menjaga hubungan tersebut dengan saling silaturrahmi dan “unggah-ungguh”(dalam bahasa Jawa) artinya sopan santun. Sehingga secara akhlak dan perilaku juga akan mengikuti kebiasaan mereka dalam bersosialisasi.
ENGLISH:
Islamic Boarding Schools are an Islamic educational institution that was developed for the advancement of Islamic civilization in the fields of religion or other general sciences. Then Education is a conscious effort carried out by every human being to develop his potential in formal or informal space, so that a character is formed which is able to bring someone to a better life. Furthermore, the role of the pesantren is to restore the morals of every human being to be better and be able to become the center of Islamic studies in particular and other general sciences, so that it can be recognized by the world civilization that pesantren are the best centers of education. And Social Interaction is a relationship that exists between two or more people who give each other influence or reciprocity, and this relationship always starts with the existence of social contact and communication between the two parties.
The objectives of this study are: (1) To find out how the moral education system is implemented in An Nur Bululawang Malang High School. (2) To find out how the role of Islamic boarding schools in developing moral education in SMA An Nur Bululawang Malang (Study of social interaction).
To achieve these objectives, qualitative methods are used with descriptive types. Furthermore, the information of this research is the students of An Nur Bululawang Malang High School in the 2018-2019 academic year. Data collection techniques used are observation, interviews and documents. Data were analyzed using Miles and Huberman's theory, namely data reduction, data display and data verification. then the results are explained and conclusions drawn.
The results of the study show that: The role of Islamic boarding schools in developing moral education in An Nur Bululawang High School has been adapted to Islamic teachings according to Ust's words. Nur Kholis and Mr. Abdul Ro'i as teachers and Ustad administrators at the lodge. Because the pesantren education itself teaches manners and manners in respecting the more senior and also maintaining the relationship by mutual friendship and "ungga-ungguh" (in Javanese) means manners. So that morally and behavior will also follow their habits in socializing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rachmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pondok pesantren; pendidikan; peran esantren dan interaksi sosial; islamic boarding school; education; islamic boarding school role and social interaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 13:47 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 13:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14374 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |