Fanani, Mochamad Charis (2018) Upaya pembentukan karakter sosial dalam pembelajaran extra kurikuler group Al Banjari di kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Ulum Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuanya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Ada pun kriteria manusia yang baik, warga masyarakat yang baik, dan warga negara yang baik bagi suatu masyarakat atau bangsa, secara umum adalah nilai-nilai sosial tertentu, yang banyak dipengaruhi oleh karakter masyarakat dan bangsanya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan upaya pembentukan karakter sosial dalam pembelajaran extra kurikuler group al banjari di kelas XI MA Nurul Ulum Kota Malang, (2) mendeskripsikan bagaimana pengaruh lingkungan sekitar yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran extra kurikuler group al banjari di kelas XI MA Nurul Ulum Kota Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat partisipatif yaitu peneliti sendiri yang melihat dan mengamati . instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maka peneliti akan memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) upaya pembentukan karakter sosial dalam pembelajaran extra kurikuler group al banjari di kelas XI MA Nurul Ulum Kota Malang menunjukan bahwa guru tidak hanya melatih kemampuan siswa namun guru juga menanamkan karakter sosial seperti tanggung jawab, kerja sama dan empati, (2) pengaruh lingkungan sekitar yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran extra kurikuler group al banjari di kelas XI MA Nurul Ulum Kota Malang faktor yang mendukung adalah: tenaga pengajar yang berkualitas, sarana dan prasarana dan dukungan masyarakat. Sedangakan faktor yang menghambat adalah: kegiatan siswa yang padat, latar belakang siswa yang beragam dan kurangnya keterlibatan orang tua.
ENGLISH:
Character education has the same essence and meaning as moral education and moral education. The aim is to shape the child's personality, so as to be a good human being, a citizen, and a good citizen. There are also good human criteria, good citizens, and citizens who are good for a society or nation, in general are certain social values, which are heavily influenced by the character of the community and the nation.
The purpose of this study is to (1) describe the efforts of social character formation in extra curricular learning in the al banjari group in class XI MA Nurul Ulum Malang City, (2) describe how the influence of the surrounding environment that supports and inhibits extra curricular learning in banjari al groups class XI MA Nurul Ulum Malang City.
The approach used in this study is a qualitative approach that is participatory namely researchers themselves who see and observe. Key instruments are the researchers themselves, and data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Then the researcher will explain the data and draw conclusions.
The results showed that, (1) efforts to establish social character in extra curricular learning in the al banjari group in class XI MA Nurul Ulum Malang City showed that teachers not only train students' abilities but also instill social characteristics such as responsibility, cooperation and empathy. (2) the influence of the surrounding environment that supports and inhibits extra curricular learning in the al banjari group in class XI MA Nurul Ulum Malang City supporting factors are: qualified teaching staff, facilities and infrastructure and community support. While the inhibiting factors are: solid student activities, diverse student backgrounds and lack of parental involvement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | karakter sosial; extra kurikuler; social character; extra curricular | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 13:45 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 13:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14373 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |