Mubarok, Ahmad (2018) Pengaruh sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Sosial Ekonomi orang tua dan motivasi belajar adalah dua faktor penentu dalam prestasi belajar siswa. Kondisi sosial ekonomi orang tua yang baik akan dapat memberikan fasilitas belajar untuk menunjang kebutuhan siswa dan siswa dapat belajar secara maksimal. Sedangkan motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan, dengan adanya motivasi belajar yang tinggi memungkinkan akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasinya maka semakin tinggi upaya yang dilakukan dan semakin tinggi hasil belajar yang diperolehnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Gresik, (2) menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Gresik, (3) menjelaskan pengaruh sosial ekonomi orang tua dan motivasi beajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Gresik.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitif dengan jenis penelitian deskripsi korelatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket untuk mengukur seberapa sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar sedangkan hasil UTS semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Dengan jumlah responden 150 siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : (1) tidak ada pengaruh positif signifikan antara sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Gresik, dan di tunjukkan oleh hasil penghitungan thitung (6,241) ˃ ttabel (1,97623) dan nilai signifikasinya (0,000) ˂ (0,05). (2) ada pengaruh secara signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Gresik, di tunjukkan oleh hasil penghitungan thitung (6,241) ˃ ttabel (1,97623) dan nilai signifikasinya (0,000) ˂ (0,05). (3) Pengujian hipotesis dengan menggunakan F tabel dengan di tunjukkan oleh hasil penghitungan Fhitung (19,985) ˃ Ftabel (3,91) dan nilai signifikasinya (0,000) ˂ 0,05. Sehingga ini menunjukkan bahwa Ha diterima atau Ho ditolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa variabel bebas (sosial ekonomi orang tua X1 dan motivasi belajar X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar siswa Y).
ENGLISH:
Parental socio-economic and learning motivation are two determined factors in student learning achievement. Good parental socio-economic conditions will be able to provide learning facilities to support the needs of students and students can learn fully. The motivation is a force that encourages someone to do something to achieve the goal, with the existence of high learning motivation makes it possible to obtain high learning outcomes as well, meaning that the higher in the motivation, be higher in the efforts and learning outcomes
The purposes of the research are to: (1) find out the influence of parental socio-economic against learning achievement of eighth Class Students of Gresik Public Junior High School, (2) find out the influence of learning motivation against learning achievement of eighth Class Students of Gresik Public Junior High School, (3) find out the influence of parental socio-economic and learning motivation against learning achievement of eighth class students of Gresik Public Junior High School.
To achieve the objectives above, it used a quantitative research approach with the type of correlative description research. The instrument was a questionnaire to measure parental socio-economic and learning motivation while the results of midterm test of the odd semester of 2017/2018 Academic Year were used to measure student achievement. Testing instruments used validity and reliability tests. The method of data analysis used the classical assumption test, multiple regression analysis, and hypothesis testing with the number of respondents of 150 students.
The results of the research showed that: (1) there is no significant positive effect between parental socio-economic against the learning achievement of eighth Class Students of Gresik Public Junior High School, and is showed by the results of tcount calculation (6.241) > ttable (1.97623) and its significance value is (0,000) ˂ (0.05). (2) there is a significant influence of learning motivation against the learning achievement of eighth Class Students of Gresik Public Junior High School, indicated by the results of the calculation of tcount calculation (6.241) > ttable (1.97623) and its significance value is (0,000) ˂ (0.05). (3) Testing the hypothesis by using F table is showed the results of calculating of Fcount (19,985) > Ftable (3.91) and its significance value is (0,000) < 0.05. So this indicates that Ha is accepted or Ho is rejected. So that it can be concluded that the independent variables (parental socio-economic X1 and learning motivation X2) significantly influence the dependent variable (student learning achievement Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | sosial ekonomi orang tua; motivasi belajar; prestasi belajar siswa; parental socio-economic; learning motivation; student learning achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2020 13:42 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 13:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14372 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |