Hidayatullah, Muhammad Rokip (2018) Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Raudlatul Hasaniyah Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13130038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam prosesnya, belajar mengajar guru sebagai pengajar merupakan pencipta kondisi belajar dimana guru bertanggung jawab terhadap pendidikan siswanya. Oleh sebab itu guru sebaiknya memiliki tingkat kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dengan adanya kompetensi tersebut diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang memuaskan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan Bagaimana Kompetensi Guru IPS di MTs Raudlatul Hasaniyah 2) Menjelaskan Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Raudlatul Hasaniyah
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Adapun data yang digunakan adalah hasil dari analisis regresi yang kemudian disimultankan.
Hasil penelitian yang diperoleh bawasannya, 1) kompetensi guru di MTs Raudlatul Hasaniyah sesuai distribusi data yang diperoleh berada di tingkat yang cukup dengan besar persentase kompetensi guru sebesar 54,4 2) ada pengaruh positif kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Raudlatul Hasaniyahsecara simultan yaitu Fhitung 37,479 > Ftabel 2,546 dengan Rsquare sebesar 0,742 dapat disimpulkan bawasannya pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 74,2% sedang sisanya 25,8% dipengaruhi oleh hal yang lain.
ENGLISH:
In the teaching-learning process, a teacher is a creator of condition who has responsibility for education of student. For that reason, the qualified teacher must have the good competence to organize their duties, especially pedagogy compete nce, personality competence, social competence, and professional competence. Those competence are really significant for them to motivate the students in order to get the good achievements.
The purposes of this study are (1) to explain how the competence degree of Social Science teacher in di MTs Raudlatul Hasaniyah (2) to explain the effect of teacher competence towards the student achievements of MTs Raudlatul Hasaniyah Probolinggo.
The approach used of this study is quantitative approach with correlational method that aims to figure out the correlation and closenees of two correlations. The data used is the result of regression analysis which will be simulated.
The result of this study are (1) According to the distributed data, the degree of teacher competence in MTs Raudlatul Hasaniyah is sufficient with percentage of teacher competence is 54,4%. (2) The data shows that there is positive effect on the teacher competence towards the student achievement on the subject Social Science in MTs Raudlatul Hasaniyah simultaneously, that is Fcount 37,479 > Ftable 2,547 with Rsquare 0,742. Therefore, it can be concluded that the effect of teacher competence towards the student achievement ia 74,2% and 25,8% is influenced by other causes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kompetensi guru; hasil belajar; teacher competence; student achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2019 09:24 | ||||||
Last Modified: | 23 Dec 2019 09:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14370 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |