Umam, Ahmad Falihul (2018) Pengaruh konsep diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Ialam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Konsep diri merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, karena dengan mengkonsep diri kita mampu mengatur dan membuat rencana tentang kehidupan kita kedepan. Seseorang yang mengkonsep dirinya positif adalah seseorang yang merespon secara positif terhadap suatu minat yang diinginkannya. Keluarga adalah tempat utama bagi seseorang untuk belajar, dengan nilai-nilai yang telah diterima dari keluarga akan memunculkan minat dan pandangan seseorang terhadap profesi yang diinginkannya. Dari uraian tersebut peneliti tertarik mengangkat judul Penelitian Skripsi Tentang Pengaruh Konsep Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa PIPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) pengaruh konsep diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Malang, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Malang, (3) pengaruh konsep diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan hasil yang akurat tentang pengaruh konsep diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun jenis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan korelasi. Dalam pengumpulan data untuk kemudian dianalisis, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner, yang kemudian di uji validitas dan reabilitasnya dan selanjutnya dilakukan analisis uji hipotesis.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep diri berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ini berarti semakin tinggi konsep diri semakin tinggi minat menjadi guru. (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ini berarti semakin tinggi lingkungan keluarga semakin tinggi minat menjadi guru. (3) Konsep diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PIPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ini berarti semakin tinggi konsep diri dan lingkungan keluarga semakin tinggi minat menjadi guru.
ENGLISH:
Self-concept is one of the most important things in people's lives, because by conceptualizing ourselves, we are able to organize and make plans about our future lives. A person who conceptualizes him/herself positively is someone who responds positively toward an interest that he or she wants. Family is the main place for a person to learn, with values that have been received from the family will bring a person's interests and views of the profession he wants. Accordingly, the researcher interested in conducting the research about the Influence of Self-Concept and Family Environment toward the interests Being a Teacher at Student PIPS of Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
The purpose of this study is to explain: (1) the influence of self-concept toward the interest become a teacher at PIPS UIN Malang students, (2) the influence of family environment on the interest become a teacher at PIPS of UIN Malang students, (3) the influence of self-concept and family environment toward the interest become a teacher at PIPS of UIN Malang students.
This research uses quantitative approach to get accurate results about the influence of self-concept and family environment on the interest become a teacher in PIPS of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang students. The type used in this study is correlation. In collecting data to be analyzed, the researcher used the technique of collecting the questionnaire data, then it is tested the validity and reliability and then hypothesis test analysis was conducted.
The result of the research shows that: (1) Self-concept has a significant positive effect on the interest of being a teacher at PIPS of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang student, this means that the higher the self-concept becomes the higher interest become a teacher. (2) Family environment has a significant positive effect on the interest become a teacher at PIPS of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang student, this means that the higher family environment, the higher interest become a teacher. (3) The concept of self and family environment has a significant positive effect on the interest become a teacher at PIPS of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang students, this means that the higher self-concept and family environment the higher the interest to be a teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Lingkungan Keluarga; Minat Menjadi Guru; Self-concept; Family Environment; Interests Being a Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2019 12:16 | ||||||
Last Modified: | 18 Jun 2019 12:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14341 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |