Ilmi, Aulia Fahmi (2019) Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap dan motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan tujuan akhir dilaksanakanya kegiatan pembelajaran di sekolah. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui usaha sadar yang dilakukan secara sistematis mengarah pada perubahan yang positif yang kemudian disebut dengan proses belajar. Dengan menguasai kompetensi sosial guru akan mampu menyampaikan materi ajar dengan baik kepada sisiwa, untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memperoleh hasil belajar siswa yang memuaskan diperlukan guru yang berkualitas dan berkompetensi dibidangnya, selian guru keberhasilan siswa dalam belajar juga ditentukan oleh motivasi yang dimilikinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan kompetensi sosial yang dimiliki guru di MTs Babussalam Pagelaran Malang, diperoleh nilai rhitung 0.1860>rtabel 0.1809 dan taraf signifikansi sebesar 0.045<0,05 ini berarti H0 ditolak, (2) menjelaskan pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran bahasa ingris di MTs Babussalam, diperoleh nilai rhitung 0.274>rtabel 0.1809 dan taraf signifikansi sebesar 0.003<0,05. ini berarti H0 ditolak, (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh kompetensi sosial guru dan motivasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MTs Babussalam Pagelaran Malang, nilai Rhitung 0.141>rtabel 1.409 dan taraf signifikansi sebesar 0.005<0,05. ini berarti H0 ditolak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil sampel secara acak ke seluruh siswa kelas VIII di Mts Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 116 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumen, sedang teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi sosial guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs Babussalam Malang, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs Babussalam Malang, (3) tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan secara bersama-sama antara kompetensi sosial guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs Babussalam Malang.
ENGLISH:
Learning outcomes are the ultimate goal of implementing learning activities in school. Learning outcomes can be improved through conscious effort carried out systematically leading to positive change which is then called the learning process. By mastering social competence the teacher will be able to deliver teaching material well to students, to achieve learning goals and obtain satisfying student learning outcomes needed by teachers who are qualified and competent in their fields, in addition to teachers the success of students in learning is also determined by the motivation they have.
The purpose of this study is to: (1) explain the social competencies of teachers in Babussalam Pagelaran Malang MTs, the value of r count 0.1860> r table 0.1809 and the significance level of 0.045 <0.05 means H0 is rejected, (2) explains the influence between learning motivation with learning outcomes in English language subjects at Babussalam MTs, obtained a value of r count 0.274> r table 0.1809 and a significance level of 0.003 <0.05. This means that H0 is rejected, (3) proving the presence or absence of the influence of teacher social competence on increasing student motivation and learning outcomes in Babussalam Pagsaran Malang MTs, the value of r count 0.141> r table 1.409 and a significance level of 0.005 <0.05. this means H0 is rejected.
This study uses a quantitative approach with descriptive correlational research. This study randomly sampled all class VIII students at Mts Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang Academic Year 2017/2018, which amounted to 116 as subjects of research. The instrument of this study uses questionnaires and documents, while the data collection techniques used are questionnaires and documentation. Data were analyzed using multiple correlation analysis.
The results of this study indicate that, (1) there is a significant positive influence between teacher social competence and student learning outcomes on English subjects at MTs Babussalam Malang, (2) there is a significant positive influence between motivation to learn and student learning outcomes on subjects English in MTs Babussalam Malang, (3) not there is a jointly significant positive influence between teacher social competence and learning motivation with student learning outcomes on English subjects at MTs Babussalam Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Sosial Guru; Motivasi; Hasil Belajar; Teacher Social Competence; Motivation; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2019 08:19 | ||||||
Last Modified: | 18 Jun 2019 08:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14339 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |