Yunidar, Iva Maelany (2018) Peningkatan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Ainul Huda Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran ini, setiap guru dituntut untuk benar-benar memahami model pembelajaran yang akan diterapkannya. Sehubungan dengn hal tersebut, seorang guru perlu memikirkan model pembelajaran yang akan digunakannya. Pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan situasi dan kondisi yang dihadapi akan berdampak pada tingkat penguasaan atau hasil belajar siswa yang dihadapi.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk : (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Ainul Huda Nganjuk.(2) Untuk mendeskripsikan apa saja kendala yang dirasakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Ainul Huda Nganjuk. (3) Untuk mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Ainul Huda Nganjuk.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MI Ainul Huda Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Konsep model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas V di MI Ainul Huda Nganjuk merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa-siswinya lebih aktif, kreatif, inovatif, serta terampil bekerja sama dimana titik tekan yang ada pada kerja sama sekelompok orang, dimana pada model pembelajaran kooperatif bekerja melatih siswa untuk terampil bekerja sama dengan anggotanya yang diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. (2) Terdapat beberapa kendala yang pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif begitupun cara mengatasi kendala-kendala tersebut. (3) penerapan model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 20%.
ENGLISH:
In order to achieve this learning goal, every teacher is required to truly understand the learning model that will be applied. In connection with this, a teacher needs to think about the learning model that will be used. Selection of the right learning model that is with the situation and conditions faced will have an impact on the level of mastery or learning outcomes of students faced.
This research conducted to: (1) describe the application of learning by using cooperative learning models in the AqidahAkhlak subjects to improve the learning outcomes of fifth grade students at MI Ainul Huda Nganjuk. (2) To describe what constraints are felt by using a cooperative learning model in AqidahAkhlak subjects in improving the learning outcomes of grade V students at MI Ainul Huda Nganjuk. (3) To describe whether the application of cooperative learning models in AqidahAkhlak subjects can improve the learning outcomes of grade V students in MI Ainul Huda Nganjuk.
To achieve the objectives of the research above, the researcher used a research approach of qualitative used descriptive research type. The research located at MI Ainul Huda Nganjuk. Techniques of collecting data that researcher used was observation, interview and documentation. The researcher used triangulation technique to checkthe validity of data. Data were analyzed by reducing irrelevant data, exposing data and drawing conclusions.
The results of this study indicated that: (1) The concept of STAD type of cooperative learning model in AqidahAkhlak class V in MI Ainul Huda Juwet is the concept of STAD type cooperative learning model in the AqidahAkhlak class V subject is one of the characteristics of MI Ainul Huda Nganjuk which makes students the students are more active, creative, innovative, and skilled at working together where the pressure point is in the cooperation of a group of people, where the cooperative learning model works to train students to be skilled in working with members which begins with the delivery of learning goals, delivery of material, group activities, quizzes, and group awards. (2) There are several obstacles when applying cooperative learning models as well as ways to overcome these constraints. (3) the application of STAD type cooperative model has increased learning outcomes by 20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hasil belajar; model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Learning outcomes; STAD type cooperative learning model | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 22 May 2019 11:28 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2019 11:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14291 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |