Dewi, Nurlita Purnama (2017) Pengaruh penggunaan smartphone sebagai media belajar terhadap hasil belajar dengan minat baca sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Jurusan P.IPS UIN Maliki Malang angkatan 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hasil belajar bertujuan untuk melihat kemajuan siswa dalam hal penguasaan materi yang telah dipelajari. Hasil belajar juga dipengaruhi beberapa faktor diantaranya smartphone sebagai media belajar dan minat baca.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penggunaan Smartphone sebagai media belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar Mahasiswa jurusan P.IPS UIN Maliki Malang Angkatan 2014 (2) mengetahui minat baca mempengaruhi hubungan antara penggunaan Smartphone sebagai media belajar dengan hasil belajar Mahasiswa jurusan P.IPS UIN Maliki Malang Angkatan 2014.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (kuisioner). Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan IPS angkatan 2014 dengan jumlah 103 mahasiswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)diperoleh secara simultan, nilai Fhitung =1,565 atau p value =0,214 > α =0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa smartphone sebagai media belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.(2) diperoleh data pengujian variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan, nilai Fhitung = 0,795 atau p value = 0,499 > α =0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan smartphone sebagai media belajar dan minat baca tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.
ENGLISH:
The results obtained studying the ability of individuals after learning takes place, which can provide better behavioral changes of knowledge, understanding, attitudes and skills of students so as to be better than ever. Results of study aims to look at student progress in terms of mastery of the material that has been studied. The learning result is also influenced by several factors such as smartphones as a medium of learning and interest in reading.
The purposes of this study was to (1) determine the use of smartphone as a learning medium affects of social sciences Student Learning Outcomes at UIN Maliki Malang 2014 (2) knowing the interesting of reading affects the relationship between the use of smartphone as a medium of learning with the learning outcomes Students majoring social sciences at UIN Maliki Malang 2014.
This type of research is quantitative research. Data collection method used a method of inquiry (questionnaire). The subjects is all students majoring in social studies class of 2014 with a number of 103 students. Analysis of the data used in this study using multiple linear regression.
The results showed that (1) are obtained simultaneously, the value of F count = 1,565 or p value = 0.214> α = 0.05 so that it can be concluded that the smartphone as a learning medium has no significant effect on learning outcomes. (2) The test data obtained by the independent variable on the dependent variable simultaneously, the value of F count = 0,795 or p value = 0.499> α = 0.05 so that it can be concluded that simultaneous smartphone as a medium of learning and reading interests have no significant effect on learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Smartphone sebagai media belajar; Minat Baca dan Hasil Belajar; Smartphone as a medium of learning; Reading Interest and Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 20 May 2019 15:08 | ||||||
Last Modified: | 20 May 2019 15:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14276 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |