Huda, Akhmad Khoirul (2018) Upaya guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VIII di SMP Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11130049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sekolah Menengah Pertama Thoriqotun Najah merupakan salah satu sekolah umum berbasis pesantren, dalam rangka mewujudkan sekolah yang memiliki karakter siswa cerdas, berprestasi, berwawasan luas dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan kurikulum 2013. Sebagaimana karakter belajar yang diharapkan dalam kurikulum 2013 agar siswa mampu memiliki budi pekerti yang luhur baik dalam kedisiplinan, sifat menghargai atau toleransi, sifat dapat menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter disiplin, faktor yang menjadi pendukung dan penghambat siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Thoriqotun Najah Singosari Kabupaten Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisi deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasanya terdapat tiga indikator kedisiplin dalam upaya guru membentuk karakter disiplin siswa yaitu ketaatan dalam belajar, ketaatan terhadap tugas mata pelajaran, ketaatan terhadap penggunaan fasilitas belajar. Upaya yang selalu digunakan oleh guru berupa teguran, motivasi serta memberikan contoh penerapan yang langsung dilakukan oleh guru kepada siswa. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya kedisiplinan ini ada dua yaitu faktor intern yang berasal dari diri seorang siswa meliputi motivasi diri terhadap sikap disiplin dan faktor ekstern yang berasal dari lingkungan yang ditempati oleh siswa itu sendiri yang mampu membentuk nilai disiplin diri seorang anak atau siswa.
ENGLISH:
Najah Thoriqotun Junior High School is one of the public school-based schools, in order to create a school that has the character of a smart student, achievement, broad minded and noble character in accordance with the curriculum of 2013. As a character study are expected in 2013 curriculum so that students are able to have manners noble both in discipline, respect or tolerance properties, the properties can exercise their rights and obligations as good citizens.
The purpose of this study was to describe the efforts of teachers in shaping the character of discipline, factors that supporting and eighth grade students in junior secondary school Thoriqotun Najah Singosari Malang.
The research conducted by the author are included in the descriptive qualitative research. In the course of collecting the data, the authors used the method of observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the authors used a qualitative descriptive analysis technique. In addition, to support the description of the actual situation there in the field, here the author to include documentation as a complement and reinforcement of research data.
The results of research by the author can be submitted here that there are three indicators kedisiplin in an effort to discipline students teacher shaping the character of obedience in the study, adherence to assignment of subjects, adherence to the use of learning facilities. Efforts are being used by the teacher in the form of strikes, motivation and give examples of the application that is directly carried out by the teacher to the student. Supporting factors and obstacles in the effort this discipline there are two internal factors are derived from a self-motivated students cover themselves against discipline and external factors that come from the environment occupied by the students themselves capable of forming the value of self-discipline a child or student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | upaya guru IPS; karakter disiplin siswa; teacher education efforts social character; student discipline | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 17 May 2019 09:08 | ||||||
Last Modified: | 17 May 2019 09:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14234 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |