Mukholladah, Ken Zahrotul (2018) Pengaruh penerapan media video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan perkembangan bahasa di TK Islam Al-Maarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14160009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berbahasa merupakan proses kompleks yang tidak terjadi begitu saja, mulai dari bahasa yang sederhana hingga menuju bahasa yang kompleks. Pengembangan media pembelajaran video interaktif merupakan suatu sarana untuk membantu meningkatkan perkembangan bahasa anak. Pembuatan media pembelajaran video interaktif yang cukup menarik bagi siswa. Dimana nantinya melalui media tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk animasi, gambar dan audio visual. Dengan menggunakan media tersebut selain mampu menarik perhatian para siswa juga mampu menambah pemahaman dan pengetahuan anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui proses penerapan media video pembelajaran interaktif untuk meningkatkan perkembangan berbahasa di TK Islam Al-Maarif Singosari, (2) mengetahui hasil perkembangan bahasa anak sesudah penerapan media video pembelajaran interaktif di TK Islam Al-Maarif Singosari, (3) mengetahui pengaruh dari penerapan media video pembelajaran interaktif terhadap perkembangan bahasa di TK Islam Al-Maarif Singosari.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung dengan pendekatan eksperimen, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Prosedur pengembangan media pembelajaran video interaktif ini menggunakan beberapa tahapan, sebagai berikut: (1) Tahap pra-lapangan (Menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan penelitian, menyiapkan perlengkapan penelitian). (2) Tahap lapangan (Mengadakan Pretest, memberikan perlakuan, mengadakan posttest).(3)Analisis data.
Dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan media video pembelajaran video interaktif dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang diawali dengan kegiatan pembuka, inti dan penutup. Perkembangan bahasa anak setelah diterapkannya media video pembelajaran interaktif mengalami peningkatan sebesar 29%. Hal ini dapat dilihat dari presentase nilai rata-rata yang awalnya 65, kemudian pada saat posttest meningkat menjadi 84. Kemudian untuk mengetahui pengaruh penerapan dilakukan hasil uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 dengan rumus diperoleh hasil bahwa thitung (5,135) sedangkan ttabel (2,045) hal tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan perkembangan bahasa dan pemahaman anak dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif.
ENGLISH:
Language is complex process which does not suddenly happen, from the begining from simple language to complex language. Development of interactive learning video media is a way to help student to increase their language ability. Making interactive video learning media is interested for student. Through the media can be showed by animation, picture, and visual audio. With the media is not only interesting all students’ attention, but also add students’ understanding and knowledge
This study aims to : (1) To know the process of implementationinteractive learning video media to increase language development at TK Islam Al-Maarif Singosari, (2) to know result of student language ability after being implementated by interactive learning video media at TK Islam Al-Maarif Singosari, (3) to know the effect from implementation interactive learning video media to language ability at TK Islam Al-Maarif Singosari.
This study uses quantitative method which is supported by experimen approach which means research method which used to look for effect of treatment to otherunder controlled condition. Procedure of this interactive learning video media development uses : (1) Pre-field stage (arrange research design, choose the place research, and prepare research equipment). (2) field stage (Do pre-test, give treatment, and do post-test). (3) Data analysis
The result of this study shows that process of implementation interactive video learning media that is done by using sciencetific approach, which begins with opening activity, essence, and closing. Student language ability after being implementated by interactive learning video media increase of 29%. This is able to be seen from presentation of average value which is the begining just 65. Then the result of post-test increases to 84. Then, to know the effect of implementation can be seen from result uji t with means 0,05 by using the formula obtain which is gotten the result that thitung t tabel. It can be concluded that Ho is ignored , and Ha is accepted, so it can be concluded that there is influence of interactive learning video media implementation with children language.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perkembangan bahasa; video interaktif; Language ability; interactive video | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2019 11:43 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2019 11:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14139 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |