Putri, Dwi Diana (2018) Pengembangan media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kebonduren 01 Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Evaluasi pembelajaran merupakan inti bahasan evaluasi yang kegiatannya dalam lingkup kelas atau dalam lingkup proses belajar mengajar. Oleh karena itu, sebuah pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan evaluasi pembelajaran. Dengan adanya pengembangan media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi melalui kegiatan evaluasi.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menjelaskan desain media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga, menjelaskan tingkat kevalidan media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga, dan untuk menjelaskan tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Proses pengembangan produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini melalui beberapa tahap diantaranya penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, revisi produk, uji coba awal, revisi produk, dan uji lapangan (2) Tingkat kevalidan hasil uji coba pengembangan media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga diperoleh rata-rata 86,3% (3) Tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan media evaluasi pembelajaran berbentuk permainan ular tangga mengalami peningkatan sebesar 25,44% dari 60,41% (sebelum evaluasi pembelajaran menggunakan media) dan meningkat menjadi 85,85% (sesudah evaluasi pembelajaran menggunakan media).
Media dalam penelitian ini dikembangkan untuk proses evaluasi pembelajaran yang dilakukan sambil bermain dan menggantikan evaluasi pembelajaran yang masih konvensional. Media ini digunakan hanya untuk evaluasi pembelajaran diluar UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).
ENGLISH:
Leraning evaluation is the core of learning activity in the class or in the learning process. Therefore, learning process can’t be to separated of learning evaluation. With the development of learning evaluation media by snakes and ladders game expect that can be helpfull for student to understanding material by this evaluation.
The aim of this research and this development in order to explain the design of snakes and ladders game learning evaluation media, and to explain how about the stage of student motivation after they did learning in the class by this media.
The research method tn this thesis is Research and Development (R&D) with Borg and Gall model. The collecting data technique by interview, documentation, and quitioner. And the data analized by qualitative and quantitative descriptive research.
The research result showed that (1) The development product of research result and development trough some of steps, such as research and collecting the information, planning, developing product, validation product, revision product, first trial, revision product, and real experiment. (2) The validity level by development of learning evaluation media by snakes and ladders game reach up about 86,3%. (3) The level of student motivation after they did learning activity with this media increased 25,44% from 60,41% (before the evaluation) and increased to 85,85% (after the evaluation).
The media of this research was developed in order to the evaluation of learning activity by fun llearning and changed the evaluation which still conventional learning. This media has a certain purpose that for daily learning evaluation except the middle test evaluation (UTS) and final test evaluation (UAS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Evaluasi Pembelajaran; Permainan Ular Tangga; Motivasi Belajar; Learning evaluation media; Snakes and ladders game; Learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zahrotuttakiyah Zahrotuttakiyah | ||||||
Date Deposited: | 13 May 2019 09:34 | ||||||
Last Modified: | 13 May 2019 09:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13942 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |