Maghfiroh, Lailatul (2018) Evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VII MTsN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Evaluasi menjadi bagian yang penting dari sebuah kegiatan pembelajaran. Jika pembelajaran berfungsi sebagai pendukung dalam pengembangan potensi peserta didik, maka evaluasi berfungsi sebagai penyedia informasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar. tanpa adanya evaluasi maka akan sulit dalam menmukan isformasi mengenai kekurangan dan kelebihan dari berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dan tidak akan bisa untuk mengambil sikap dan tindakan ke arah selanjutnya. Evaluasi pembelajaran mata Pejaran IPS terpadu terdapat dua tahapan,yaitu mengenai proses dan penilaian hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VII di MTsN 1 Mojokerto, (2) mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa Kelas VII di MTsN 1 Mojokerto (3) Menjelaskan penggunaan hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VII di MTsN Mojokerto.
Untuk mencapai tujuan di atas, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Analisis data
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VII di MTsN Mojokerto dilakukan guru sebelum pembelajaran berlangsung, dan acuan dalam perencanaan ini adalah Prota, Promes, KKM, Silabus dan RPP, perencanaan ini terdapat 2 hal yang harus di evaluasi, yaitu proses dan penilaian hasil belajar (2) pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPS ini menggunakan acuan dari penilaian autentik yaitu, aspek pengetahuan dengan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan. untuk tes afektif menggunakan observasi langsung dan tidak langsung, penilaian diri dan penilaian antarteman. untuk aspek keterampilan menggunakan tambahan tugas dari guru seperti membuat peta pesebaran flora fauna (3) penggunaan hasil evaluasi pembelajaran, garis besarnya untuk melakukan pencarian informasi dan memperbaiki terhadap segala aktivitas siswa dalam pembelajaran. selain itu dapat membantu siswa menjadi lebih baik akan pertumbuhan dan perkembangannya dalam proses belajar mengajar.
ENGLISH:
Evaluation becomes a key part of a learning activity. If learning acts to support students’ potential development, then evaluation acts to provide information to find out the success of learning process. Without evaluation, it is hard to find information on the strength and weakness of the process and to give an appropriate response. The learning evaluation of Integrated Social Science consists of two steps namely process and learning result.
The research aims to: (1) describe the planning of learning evaluation on integrated social science subject for VII grade of MTsN 1 Mojokerto, (2) describe the implementation of learning evaluation on integrated social science subject for VII grade of MTsN 1 Mojokerto, (3) to explain the use of learning evaluation result on integrated social science subject for VII grade of MTsN 1 Mojokerto.
To achieve the objective, the research employed a descriptive qualitative method. To collect the data, the researcher conducted interview, observation and documentation. To check the data validity, the researcher used triangulation technique.
The result shows that: (1) the planning of learning evaluation on integrated social science subject for VII grade of MTsN 1 Mojokerto was done by the teachers before starting the learning process. The planning referred to Prota (annual program), Promes (Semester program), KKM (minimum mastery criteria), Syllabus and lesson plan. The evaluation on the planning are on the process and the learning result (2) the implementation of learning evaluation on integrated social science subject referred to authentic assessment namely knowledge aspect using writing test, oral test and assignment. Affective test involved direct and indirect observation, self-evaluation and peer evaluation. Skill aspect involved additional assignment from the teacher such as drawing the distribution of flora and fauna (3) the use of learning evaluation result was mainly for finding information and improving students’ activities. Furthermore, it could help students to develop in the learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Evaluasi pembelajaran; mata pelajaran IPS terpadu; learning evaluation; integrated social science subject | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Nyimas Sakinah | ||||||
Date Deposited: | 16 May 2019 08:24 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2019 08:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13940 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |