Fitrianingsih, Eka (2018) Analisis butir soal pada penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14110176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
INDONESIA:
Di sekolah peran guru sangat dibutuhkan terutama dalam mengevaluasi pembelajaran siswa setiap akhir semester tiba. Dalam mengevaluasi guru harus memperhatikan kualitas soal yang dibuat baik secara kualitatif atau kuantitatif. Akan tetapi guru sebagai penyusun soal hanya melakukan analisis dari segi kualitatif belum secara kuantitatif. Hal ini terbukti bahwa siswa yang mengikuti tes, banyak yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan mengakibatkan mereka remidi. Bahkan yang mengikuti remidi lebih banyak dibanding yang tidak mengikuti remidi. Atas dasar hasil tes yang kurang bagus adalah sesuatu yang sangat penting untuk mengetahui apakah butir tes tersebut sudah dikatakan sebagai alat ukur yang baik atau belum.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) mengetahui dan mengkaji tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal pada penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 10 Malang tahun ajaran 2017/2018, (2) mengetahui dan mengkaji efektifitas pengecoh soal pada penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 10 Malang tahun ajaran 2017/2018,(3) peningkatan atau perbaikan kualitas soal pada penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 10 Malang tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil analisis validitas menunjukkan 14 soal (24%) kategori soal tidak valid dan 38 soal (76%) dalam kategori soal yang valid. Pada analisis reliabilitas menunjukkan besarnya korealasi koefisien R1 = 0,709 ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang tinggi reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan 10 soal (20%) kategori soal sukar, 15 soal (30%) soal sedang dan soal 25 soal (50%) kategori soal yang mudah. Sedangkan hasil analisis daya beda butir soal menunjukkan 11 soal (22%) tergolong soal yang jelek, 20 soal (40%) soal yang cukup, 10 soal (20%) soal yang baik, 3 soal (6%) soal baik sekali dan 6 soal (12%) tergolong soal yang negatif berarti perlu dibuang atau diganti.(2) analisis pengecoh butir soal menunjukkan bahwa 50 butir soal terdapat 9 butir soal memiliki fungsi pengecoh efektif, dan 41 butir soal memiliki pengecoh yang tidak efektif. (3) hasil perbaikan butir soal menunjukkan layak untuk diimplementasikan atau diujikan kepada siswa kembali.
ENGLISH:
The role of teacher in school desperately needed especially in evaluating student learning, each end of the semester. In evaluating teachers should pay attention to the quality of the questions made either qualitatively or quantitatively. But the teacher as a constituent of matter only in terms of the qualitative analysis has not quantitatively. It is evident that students who take the test, many of which get value below the minimum ketuntasan criterion (KKM) and lead to their remidi. Even those who follow remidi more than who do not follow remidi. On the basis of the test results that are less good is something that is very important to know whether the tests are already said to be grains as measurement tool is good or not.
The purpose of this research is: (1) acknowledge and examine the degree of validity, reliability, level of distress, and different power problem on the final assessment the odd semester subjects PAI class XI in the unfortunate year 10 SMAN 2017/2018, (2) knowing and examine the effectiveness of pengecoh reserved judgement on the end of the semester odd subjects PAI class XI in the unfortunate year 10 SMAN 2017/2018, (3) an increase or improvement of the quality of the final judgment in the matter of the odd semester subjects PAI class XI in SMAN 10 Malang 2017/2018 school year.
This research is quantitative whereas research approach in this research is a descriptive approach. The data collection methods used in this study i.e., observation, interview and documentation.
The results showed that: (1) the validity of the analysis results showed 14 problem (24%) category reserved is invalid and 38 reserved (76%) in category a valid question. On the analysis of the reliability coefficient korealasi pointed R1 = 0.709 shows reliability grains of matter has a category reserved to high reliabilitasnya. On difficulty level shows 10 reserved (20%) categories reserved hard, 15 reserved (30%) are reserved and reserved 25 reserved (50%) category problem is easy. While the results of the analysis of the different grains of power reserved show 11 problem (22%) belongs to an ugly problem, 20 items (40%) reserved enough, 10 reserved (20%) good, 3 reserved reserved (6%) reserved good once and 6 reserved (12%) pertained to question the negative means need to be disposed of (or replaced. 2) analysis of pengecoh grains of matter indicates that 50 grains of matter there are 9 grains of matter has a function of effective pengecoh, and 41 grains of matter has a pengecoh that is not effective. (3) the results of the improvements to the grain problem shows deserve to be implemented or tested subjects to the students back.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | analisis butir soal; validitas; reliabilitas; tingkat kesukaran; daya pembeda; efektifitas pengecoh dan perbaikan soal; analysis of grain of matter; validity; reliability; power; the difficulty level of distinction; the effectiveness of pengecoh and repair Problem | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rofi Andriani | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2019 11:09 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2019 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13928 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |