Vidy F. H, Maulana (2018) Strategi marketing mix untuk meningkatkan daya saing perusahaan : Studi kasus pada The Balava Hotel Kota Malang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14510047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kondisi Kota Malang yang memiliki banyak destinasi wisata dan sering dikunjungi oleh wisatawan menyebabkan banyak industri hotel yang bermunculan. Seiring dengan banyaknya hotel yang baru berdiri di Kota Malang ini menumbuhkan persaingan yang ketat di industri hotel dan menarik minat calon pelanggan untuk memilih hotel yang terbaik, sehingga manajemen hotel perlu menerapkan strategi yang tepat dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Untuk meningkatkan daya saing dengan hotel sejenis, The Balava Hotel Kota Malang perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya adalah strategi Marketing Mix.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan strategi Marketing Mix di The Balava Hotel Kota Malang serta mendeskripsikan strategi Marketing Mix yang representatif untuk meningkatkan daya saing dengan hotel sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (descriptive research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data yang dilakukan melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada perusahaan serta konsumen, sedangkan observasi dilakukan pada kondisi dan lingkungan hotel, media sosial, media cetak serta dokumentasi yang dimiliki oleh perusahaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Marketing Mix yang representatif di The Balava Hotel untuk meningkatkan daya saing dengan hotel sejenis adalah dengan menerapkan strategi produk yang menarik, strategi penetapan harga dan pengelolaan SDM yang unggul. Sedangkan aspek promosi, tempat, proses dan lingkungan fisik belum dikelola dengan maksimal.
ENGLISH:
Malang City had many tourist destinations and often visited by tourists causes many hotel industries to emerge. Along with the many new hotels established in Malang, it fostered intense competition in the hotel industry and attracted prospective customers to choose the best hotels, so that hotel management required to implement the right strategy in achieving the company's goals. To increase competitiveness with similar hotels, The Balava Hotel Malang City required to implement the right marketing strategies, one of which was the Marketing Mix strategy.
This study aimed to know the application of the Marketing Mix strategy at The Balava Hotel Malang City and to describe a representative Marketing Mix strategy to improve competitiveness with similar hotels. This research was a descriptive research (descriptive research) with a qualitative approach. Data collected by interview, observation and documentation. The interviews were aimed at The Balava Hotel and consumers, while observations were made on the condition and environment of the hotel, social media, print media and documentation owned by the company.
The results of this study showed that the representative Marketing Mix strategy at The Balava Hotel to improve competitiveness with similar hotels was to implement attractive product strategies, pricing strategies and superior HR management. While aspects of promotion, place, process and physical environment had not been managed optimally.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Marketing Mix; Daya Saing; Strategy; Marketing Mix; Competitiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Lailatul Istiqomah | ||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2019 15:46 | ||||||
Last Modified: | 26 Apr 2019 15:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13803 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |