Alfikri, Zainun (2018) Sistem kerja kontrak dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja : Studi pada karyawan kontrak di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
13510126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Malang sedang antusias untuk memiliki tenaga kerja yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut, Tenaga Kerja Kontrak dirasa pantas untuk mengisi komposisi karyawan agar terjadinya pemerataan tenaga kerja di ruang lingkup perusahaan. Selain itu perusahaan dibatasi oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 2 Tahun 2007 yang terdapat pada paragraf 4 tentang Penghasilan, Jasa Pengabdian, dan Cuti yang menyebutkan bahwa: Jumlah seluruh biaya untuk penghasilan Direksi, penghasilan Dewan Pengawas, penghasilan pegawai dan biaya tenaga kerja lainnya tidak boleh melebihi 40% (empat puluh per seratus) dari total biaya berdasarkan realisasi Anggaran Perusahaan Tahun Anggaran yang lalu. Karena parameternya biaya, dan perusahaan ingin meningkatkan kesejahteraan tenaga kerjanya, maka tenaga kerja kontrak yang sudah diterapkan sejak tahun 2016 ini dirasa cocok untuk perusahaan agar tidak melanggar aturan tersebut. Penerapan hal tersebut oleh perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kepuasan kerja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kemudian observasi dan dokumentasi, serta menggunakan komponen analisis data model interaktif dengan tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan kepuasan kerja yang diberikan perusahaan kepada tenaga kerja kontrak dapat meningkatkan kualitas kinerja tenaga kerja. Dengan upaya peningkatan kepuasan kerja itu tenaga kerja menunjukkan respons yang positif dan merasa puas dalam bekerja. Peningkatan kepuasan kerja di PDAM Kabupaten Malang juga dapat meningkatkan motivasi dan loyalitas tenaga kerja terhadap perusahaan. Sehingga pada akhirnya target organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
ENGLISH:
Regional Water Company of Malang Regency is currently aiming to increase the quality of their workforce, and in this regard, contractual workforce system is seen as a sensible choice to fill in vacant positions in the company. The company is confined by Interior Minister’s Regulation/Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 2 of 2007 on Income, Service, and Leave, which mentions on paragraph 4 that: the overall amount of Directors’ income, Advisory Board’s income, staff income, and other labor-related costs shall not exceed 40% (forty per one hundred) of the company’s expenditure based on the company budget of previous fiscal year. This means that cost is the main constraining parameter in the company’s attempt to improve their workforce’s welfare. Therefore, contractual workforce system, which has been implemented in the company since 2016, is seen as a solution to increase work satisfaction among the workforce while not breaking the rules.
This research utilizes qualitative method and case study research type. The data for the research was obtained through interviews, observation, and documentation. The obtained data was then analyzed using interactive model through the following three steps, namely: data reduction, data presentation, and conclusion and verification.
The research result shows that the increase of the contractual workers satisfaction at work is able to boost the quality their working performances. The workers show positive response and increase of satisfaction to the company’s attempt to increase workers’ satisfaction. This attempt also raises the workers’ work motivation and loyalty towards Regional Water Company of Malang Regency, so that in the end the organizational targets can be achieved as expected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kerja kontrak; kepuasan kerja; contractual work; work satisfaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Bela Nabila | ||||||
Date Deposited: | 26 Apr 2019 16:07 | ||||||
Last Modified: | 26 Apr 2019 16:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13790 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |