Putama, Rilliandra Arindra (2017) Hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi akademik mahasiswa pendaki gunung pada unit kegiatan mahasiswa pecinta alam Universitas Brawijaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410156.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Konsep diri merupakan salah satu aspek psikologis yang perlu dipahami oleh mahasiswa, baik konsep diri menurut diri sendiri ataupun menurut pandangan orang lain. Agar mahasiswa mampu lebih memahami tentang diri dan peran-perannya terhadap lingkungan. Ketika seorang individu memiliki konsep diri yang matang, seorang individu akan mampu memahami diri dan memiliki motivasi pribadi dalam melakukan segala hal dengan baik. Terutama motivasi dalam menjalankan pembelajaran dalam kegiatan akademik selaku sebagai seorang mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsep diri dan dan motivasi berprestasi akademik mahasiswa pendaki gunung yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiwa pecinta alam di Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan analisis data menggunakan korelasi Product Moment Person. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 88 mahasiswa yang Universitas diambil dari seluruh anggota yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa pecinta alam di Universitas Brawijaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendaki gunung pada unit kegiatan mahasiswa pecinta alam dalam konsep diri mahasiswa mempunyai 3 kategori, tinggi, sedang, dan rendah. Kategori sedang mendominasi tingkat konsep diri mahasiswa dengan prosentasi sebesar 70,90%, kemudian kategori tinggi dengan prosentase sebesar 16,36%, dan yang terakhir kategori rendah dengan prosentasi sebesar 12,72%. Sedangkan untuk motivasi berprestasi akademik mempunyai 3 kategori, tinggi, sedang, dan rendah. Kategori sedang mendominasi tingkat motivasi berprestasi akademik mahasiswa dengan prosentasi sebesar 72,72%, kemudian kategori rendah dengan prosentase sebesar 12,72%, dan yang terakhir kategori tinggi dengan prosentasi sebesar 14,54%.
Hasil analisis Product Moment menunjukkan korelasi yang positif (r) sebesar 0,630 yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan motivasi berprestasi akademik dengan signifikasi sebesar (p) 0,000. Dengan kesimpulan semakin tinggi konsep diri maka akan semakin tinggi pula motivasi berprestasi mahasiswa, sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin rendah pula motivasi berpestasi mahasiswa.
ENGLISH:
Self Concept is one of the psychological aspects that need to be understood by students, both self-concept by ourselves or according to the views of others. So that students are able to understand more about themselves and the roles of the environment. When an individual has a mature self concept, an individual will be able to understand yourself and have a personal motivation in doing things well. Especially motivation in running learning in academic activities as a student.
This study aims to determine the level of self-concept and students' academic achievement and motivation mountaineer who joined the unit student activities at Brawijaya nature lovers. This study uses a quantitative correlation with data analysis using product moment correlation Person. Subjects in this study amounted to 88 university students who were taken from all members joined in the unit student activities at UB nature lovers.
The results of this study indicate that students mountaineers on student activity units lovers of nature's self-concept students have three categories, high, medium, and low. Categories are dominating the level of self-concept of students with a percentage of 70.90%, then the high category with a percentage of 16.36%, and the latter low category with a percentage of 12.72%. As for academic achievement motivation has three categories, high, medium, and low. Categories are dominating the motivation level of students' academic achievement with a percentage of 72.72%, then the low category with a percentage of 12.72%, and the latter high category with a percentage of 14.54%.
Product Moment analysis results showed a positive correlation (r) of 0.630 which indicates that there is a positive relationship between self-concept and academic achievement motivation with the significance of (p) 0.000. With the conclusion of the higher self-concept, the higher the student achievement motivation, self-concept conversely the lower the lower the motivation students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yusuf, Aris Yuana | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | konsep diri; motivasi berprestasi akademik; mahasiswa pecinta alam; self-concept; academic achievement motivation; student nature lovers | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Indah Fatawiyah | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2019 16:04 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2019 16:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13715 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |