Rohmaita, Wahyu Putri (2018) Pengaruh persepsi pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus terhadap komitmen mahasiswa pada kampus: Studi pada mahasiswa angkatan 2017/2018 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
14410061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan hasil survey yang dilakukan peneliti pada tanggal 20-27 Maret 2018 sebagai data awal penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus dirasakan mahasiswa kurang efektif, tidak sebanding dengan komitmen yang baik. Hal ini tidak sesuai pendapat Meyer dan Smith (2000), terdapat banyak faktor yang mempengaruhi adanya komitmen. Salah satunya yang cukup kuat adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan pengambangan. Hal ini membuat peneliti melakukan penelitian dengan tujuan antara lain: (1) Untuk mengetahui tingkat persepsi pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (2) Untuk mengetahui tingkat komitmen mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus terhadap komitmen mahasiswa pada kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Metode tersebut menggunakan dua jenis skala yaitu skala persepsi pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus yang dibuat berdasarkan teori Rae (dalam Sofyandi, 2013) dan skala komitmen mahasiswa yang dikembangkan berdasarkan teori Allen & Meyer (1990). Selanjutnya,untuk teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan mengambil 10% dari populasi. Populasi penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa angkatan 2017/2018 yang berjumlah 3.289 mahasiswa dengan sampel yang diperoleh berjumlah 355 mahasiswa sebagai responden penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus berada pada kategori sedang dengan persentase 83,4% sebanyak 296 mahasiswa artinya pelaksanaan orientasi dirasa cukup baik namun perlu ditingkatkan. Mayoritas komitmen mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 62,3% sebanyak 221 mahasiswa artinya sebagian besar mahasiswa memiliki komitmen yang tinggi. Berdasarkan pengujian terhadap hipotesis penelitian ini, diperoleh hasil bahwa persepsi pelaksanaan orientasi studi dan pengenalan kampus berpengaruh terhadap komitmen mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,232 nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), dengan kata lain memberikan sumbangan sebesar 23,2%, sisanya 76,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
ENGLISH:
Based on the result of the survey was conducted by the researcher on 20th – 27th March 2018 as the first research data showed that the implementation of the study orientation and campus introduction were less effective, not equal to good commitment. This problem was not in line with the opinion of Meyer and Smith (2000) who said that there are many factors that influence the existence of commitment. One of them was strong enough to provide training and developing. So, the researcher conducted this research with the purpose, among others: 1) To determine the implementation perception level of study orientation and campus introduction in Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. 2) To find out the level students commitment of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. 3) To determine the effect of perception on implementation study orientation and campus introduction for students commitment in Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang.
Therefore, this research used a quantitative approach with regression method. The method used two types of scales, namely the implementation perception scale of study orientation and campus introduction which was based on Rae’s theory (in Sofyandi, 2013) and commitment scale of student based on Allen & Meyer (1990) theory. Next, for the sampling technique in this research using cluster random sampling by taking 10% of the population. The research population included the entire student on 2017/2018 grade totaling 3.289 students, with a sample of 355 students as research subjects.
This result showed that the implementation perception level of study orientation and campus introduction was in the medium category with percentage of 83.4% as many as 296 students which meant that the implementation of orientation was good enough but needs to be upgraded. The majority of students commitments were in the high category with a percentage of 62.3% as many as 221 students, which meant that most of student had high commitment. Based on the hypothesis of this research, the result were obtained that the implementation perception of study orientation and campus introduction had an effect on students commitment with a correlation coefficient of 0.232 and a significance value of 0,000 (p < 0,05), in other words contributing 23.2% and the remaining 76.8% was influenced by the other variables not examined in this research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawati, Endah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | persepsi; orientasi studi dan pengenalan kampus; komitmen mahasiswa; perception; study orientation and campus introduction; students commitment | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Bela Nabila | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2019 16:27 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2019 16:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13712 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |