Jannah, Miftahul (2017) Hubungan konsep diri dan dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Aceh di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13410050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi berprestasi merupakan sebuah motivasi yang pasti dimiliki mahasiswa, karena mahasiswa memiliki keinginan untuk menyelesaikan tugas agar memperoleh suatu prestasi, baik untuk kebahagiaan dirinya maupun untuk membahagiakan orang-orang disekitarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi adalah konsep diri. Hal tersebut dikarenakan, jika seorang individu memiliki konsep diri yang baik, maka ia akan selalu berpikir positif dan beranggapan bahwa ia mampu menyelesaikan tantangan dan masalah yang ia hadapi. Sehingga individu mampu meraih prestasi yang diinginkan. Selain itu, dukungan dari orang-orang terdekat juga sangat berpengaruh terhadap motivasi seseorang. Karena dukungan sosial merupakan interaksi sosial yang dapat memberikan efek positif pada fisik maupun psikis seseorang, yang diberikan dalam bentuk perhatian, nasihat dan saran. Salah satu sumber dukungan sosial yang sangat berpengaruh adalah orangtua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan lebih dalam tentang hubungan konsep diri dan dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Aceh di Malang. Penelitian ini disusun menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data ini menggunakan kuesioner dengan motivasi berprestasi sebagai variabel terikat (Y) serta konsep diri dan dukungan sosial orangtua sebagai variabel bebas (X). Jumlah responden pada penelitian ini adalah 45 orang. Penelitian ini dilakukan di asrama mahasiswa Aceh di malang yaitu asrama Tgk. Chik di Tiro (putra) dan Asrama Cut Meutia (putri).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tingkat konsep diri mahasiswa Aceh pada kategori sedang yaitu 66,7%, tingkat dukungan sosial orangtua mahasiswa Aceh pada kategori tinggi yaitu 77,8%, dan tingkat motivasi berprestasi mahasiswa Aceh pada kategori sedang yaitu 53,3%. Kemudian, pada analisis korelasi hubungan konsep diri dan dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Aceh di Malang, menunjukkan hasil sebesar 0,764 dengan nilai signifikannya sebesar 0.000<0.05. Jadi, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dan dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Aceh di Malang.
ENGLISH:
Achievement motivation is a motivation that must be owned by the students because students have the desire to be achieved, both for happiness itself and to make people around him become happy. One of the factors that influenced achievement‘s motivation is self-concept. It is because, if an individual has a good self-concept, then he will be always think positive and assume that he is able to solve challenges and problems he faced and able to achieve what he want. In addition, support from nearby people is also very influential on giving motivation to someone. Because social support is a social interaction that can have a positive effect on a person physical or psychic, given in the form of attention and advice. One of the most influential sources of social support is parents.
This study aims to reveal more deeply about the relationship of self-concept and social support of parents with achievement motivation in Acehnese students in Malang. This research was prepared using the quantitative method. In collecting the data, this method used questioner with achievement motivation as the dependent variable (Y) and self-concept and social support by parents as the independent variable (X). The number of respondents in this study are 45 people. This study was conducted at Acehnese dormitories in Malang which are Tgk.Chik Ditiro’s dormitory (male) and Cut Meutia’s dormitory (female).
The result of this research shows that the level of self-concept of Acehnese students is in the medium category of 66.7%, the level of social support of Acehnese student parents to the students is in the high category of 77.8%, and the achievement motivation level of Aceh students in the medium category is 53.3%. The correlation analysis of self-concept relationship and social support of Acehnese student’s parents toward their achievement motivation is equal to 0,764 with a significant value equal to 0.000 < 0.05. Therefore, based on the results of this study can be concluded that there is a positive relationship between self-concept and social support of parents with achievement motivation in student of Aceh in Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | konsep diri; dukungan sosial orangtua; motivasi berprestasi; self-concept; social support of parents; achievement motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2019 08:29 | ||||||
Last Modified: | 18 Mar 2019 08:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13443 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |