Musaad, Hamdi (2018) 3D role playing game untuk pengenalan sejarah Pattimura menggunakan metode fuzzy Sugeno dengan firefly optimization sebagai pembangkit perilaku pada NPC Boss. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11650033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Indonesia memiliki banyak sekali sejarah tentang pahlawan yang harus selalu diajarkan, terutama provinsi Maluku yang memiliki sejarah yang mendalam tentang Pahlawan Pattimura yang telah berkorban untuk mempertahankan Indonesia dari jajahan penjajah. Pattimura sendiri adalah anak dari Frans Matulesi dan Fransina Silahoi yang lahir pada tanggal 8 Juni 1783. Dalam buku Sejarah Pemerintahan Pertama karya M. Sapidja, Dia mengatakan bahwa “pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Sejarah merupakan bagian dari peradaban yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, karena itulah kami membangun Game edukasi untuk generasi muda supaya tetap mengingat kisah heroik pahlawan Pattimura dengan menggunakan metode Fuzzy yang telah dioptimasi menggunakan algoritma Firefly. Sistem ini memiliki penentuan perilaku NPC Boss yang bersifat dinamis, nilai dinamis ini didapat dari keberadaan NPC Prajurit disekitar Player yang akan membantu menentukan perilaku NPC Boss yang tepat. Tingkat perbandingan perbedaan antara algoritma Fuzzy yang telah dioptimasi menggunakan Firefly sebesar 48% lebih baik daripada yang tidak dioptimasi. Hal ini berdampak pada kecenderungan pemain untuk bermain kembali.
ENGLISH:
Indonesia has a lot of stories about heroes that should always be taught, especially Maluku province which has a profound history of Pattimura Hero who has sacrificed to defend Indonesia from colonial invaders. Pattimura himself was the son of Frans Matulesi and Fransina Silahoi who was born on June 8, 1783. In the book Pemerintahan Pertama by M. Sapidja, He said that "the hero of Pattimura is a noble descendant and comes from Nusa Ina (Seram). His father, Antoni Mattulessy, was the son of Kasimiliali Pattimura Mattulessy. History is a part of civilization that must be maintained and preserved, which is why we built educational games for the younger generation to keep the heroic heroic story of Pattimura heroes using Fuzzy method that has been optimized using Firefly algorithm. This system has dynamic behavior of NPC Boss determination, this dynamic value is obtained from the existence of NPC Warriors around the Player which will help determine the right Boss NPC behavior. The comparison rate of differences between fuzzy algorithms optimized using Firefly is 48% better than unoptimized. This affects the player's tendency to play again.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nugroho, Fresy and Nurhayati, Hani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Role Playing Game; Fuzzy; Firefly; Fuzzy Sugeno; Pattimura; Sejarah; Non Player Character; RPG; Firefly Optimization; Non Player Character; RPG; Firefly Optimization | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2019 09:38 | |||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2019 09:38 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13404 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |