Responsive Banner

Permainan edukatif puzzle surat Al-Qur’an (Q-Puzzle) menggunakan backpropagation sebagai penentu level permainan

Habibi, Muhammad Wildan (2018) Permainan edukatif puzzle surat Al-Qur’an (Q-Puzzle) menggunakan backpropagation sebagai penentu level permainan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11650007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Al-Qur’an adalah kitab suci umat muslim seluruh dunia di mana seluruh umat sangat dianjurkan untuk membaca bahkan menghafalnya. Berbagai cara dilakukan agar dengan teknologi yang terus maju tidak mengganggu kegiatan beribadah dan belajar. Bahkan pengguna saat ini dari berbagai kalangan sehingga aplikasi ibadahpun masuk ke dalam game. Qur’an Puzzle dibangun untuk mengimbangi perkembangan teknologi agar tetap bisa beribadah, belajar dan menghafal. Backpropagation diterapkan di dalam penelitian ini, di mana ada tiga layer diantaranya tiga neuron input, tiga neuron hidden dan satu neuron output. Metode ini digunakan untuk menentukan level apakah yang akan diterima user dalam perpindahan stage. Penentuan level tersebut berdasarkan penilaian waktu penyelesaian, banyak kesalahan dan banyak bantuan. Penilaian tadi (waktu, kesalahan dan bantuan) menjadi neuron input, sedangkan level menjadi neuron output. Dari hasil ujicoba penelitian backpropagation dapat digunakan untuk menentukan level game Q-Puzzle ini bahkan output dari game ini (level) bisa lebih dikarenakan sangat memadainya metode ini.

ENGLISH:

Al Qur'an as a holy book of Islam is commanded to be read and memorise for moslem. To help moslem to do the commond, advance technology is Qur'an Puzzle. Qur'an Puzzle ia a worship application in a form of game. This application is built for balancing worship (studying and memorizing) and advance technology. Backpropagation is applied in this study, in which there are three layers including three input neurons, three hidden neurons and one output neuron. This method is used to determine what level the user will receive in the stage movement. Determination of these levels is based on the timing of completion, many errors and lots of help. The judgment (time, error and help) becomes the input neuron, while the level becomes the output neuron. From the results of backpropagation research trials can be used to determine the level of this game Q-Puzzle even the output of this game (level) can be more due to very adequate this method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurhayati, Hani
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDNurhayati, HaniUNSPECIFIED
Keywords: al-Qur’an; game; puzzle; backpropagation; level; al-Qur'an; games; puzzles; backpropagation
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 15 Mar 2019 09:07
Last Modified: 15 Mar 2019 09:17
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13402

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item