Fahriansyah, Muhammad Syahman (2018) Implementasi sistem rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan baru pada Mahesa Institute Pare Kediri: Studi kasus pada Mahesa Institute Pare Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13510142.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengelolaan sumber daya manusia sangat diperlukan untuk efektifitas sumber daya manusia dalam suatu lembaga. Pihak manajemen lembaga harus mampu memahami bagaimana cara terbaik dalam mengelola karyawan yang berasal dari latar belakang, keahlian dan kemampuan yang berbeda-beda sehingga karyawan dapat bekerja sesuai dengan keahlian dan jenis pekerjaan yang diberikan. Aktivitas dalam pengelolaan SDM adalah rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk mendiskripsikan Sistem Rekrutmen, Seleksi, dan Penempatan Karyawan baru pada Mahesa Institute. Subyek penelitian ada lima orang yaitu Direktur, Manajer Administrasi dan kesekretariatan, Manajer Program, Devisi Homestay, Manajer Keuangan. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode triangulasi dan ditarik kesimpulannya.
Hasil penelitian, Sistem rekrutmen pada Mahesa Institute dengan menentukan terlebih dahulu kriteria yang dibutuhkan oleh pihak Lembaga. Kemudian menyebarkan informasi tentang open recruitment melalu media. Proses seleksi dimulai dengan memeriksa berkas-berkas yang telah dikumpulkan oleh calon karyawan, kemudian Tes Potensi Akademik (TPA) kemudian proses tes wawancara. Sistem penempatan karyawan apabila karyawan telah memenuhi persyaratan yang telah di standardkan pihak Mahesa melakukan training selama kurang lebih 3 bulan untuk selanjutnya ditempatkan pada posisi dengan poksinya.
ENGLISH:
Management of human resources is needed for the effectiveness of human resources in an institution. Institutional management should be able to understand how best to manage employees from different backgrounds, skills and abilities so that employees can work in accordance with the skills and types of work provided. Activities in HR management are recruitment, selection and employment.
This study uses descriptive method with qualitative approach, to describe the Recruitment, Selection, and Placement of New Employees at Mahesa Institute. The subjects were five persons, namely Director, Administrative and Secretarial Manager, Program Manager, Homestay Division, Finance Manager. Data were collected by interview, observation, and documentation. Data analysis was done by triangulation method and drawn the conclusion.
The result of study, recruitment process at Mahesa Institute by first determining criteria needed by Institution. Then disseminate information about open recruitment through media. the selection process begins with examining the files that have been collected by prospective employees, then the Academic Potential Tests (TPA) and then the interview test process. Employee placement system if the employee has fulfilled the requirements that have been standardized mahesa party to train for approximately 3 months to then placed in a position with their poksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ekowati, Vivin Maharani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | sistem rekrutmen; sistem seleksi; sistem penempatan karyawan baru; recruitment process; selection process; new employee placement process | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2019 11:23 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2019 11:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13199 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |