Aminy, M.S. Dienil (2018) Kontribusi pondok pesantren dalam dinamika perubahan sosial keagamaan dan pendidikan masyarakat di Pamekasan: Studi Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin di Desa Laden dan Desa jalmak. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
16750006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Modernitas menjadi faktor utama yang mengilhami setiap sistem untuk berupaya menciptakan perubahan. Berbagai macam dampak dalam perubahan banyak menyebabkan disintegrasi pada masyarakat, bahkan disorientasi dari nilai-nilai yang terdapat dalam kandungan konsep manusia sebagai khalifah di muka bumi. Tingginya idealisme dan minimnya kesadaran masyarakat untuk memperbaiki kuantitas juga kualitas pendalaman dan pemahamannya terhadap keagamaan dan pendidikan, menjadikan pesantren sebagai institusi yang tujuan historisitasnya menciptakan pembangunan yang berpusat pada masyarakat, eksistensi dan kemampuannya dipertanyakan dalam berdialegtika dan membangun penyeimbangan terhadap dinamika perubahan sosial yang terjadi di masyarakat agar tetap survive.
Dalam riset ini, penulis menawarkan contoh peran kontributif pondok pesantren, yaitu pondok pesantren Riyadlus Sholihin yang bersinggungan dengan dinamika perubahan sosial keagamaan dan pendidikan masyarakat di Desa Laden dan Desa Jalmak, yang terletak di Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran pondok pesantren Riyadlus Sholihin terhadap dinamika perubahan sosial keagamaan dan pendidikan masyarakat di Desa Laden dan Desa Jalmak (2) Untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendorong pondok pesantren Riyadlus Sholihin dalam dinamika perubahan sosial keagamaan dan pendidikan asyarakat di Desa Laden dan Desa Jalmak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektif sosiologi. Jenis penelitiannya menggunakan metode kualitatif (field research). Sumber datanya yaitu tokoh masyarakat, kalangan pesantren, dan masyarakat di Desa Laden dan Desa Jalmak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan member check.
Hasil penelitian yang didapat bahwa pondok pesantren Riyadlus Sholihin memiliki beberapa peran penting dalam mendefinisikan kegiatan yang dibutuhkan masyarakat yang mengalami perubahan dalam bidang keagamaan dan pendidikan agar tetap berada dalam keseimbangan. Terdapat beberapa faktor penghambat dan pendorong pondok pesantren Riyadlus Sholihin dalam berperan atas dinamika perubahan sosial tersebut. Namun, keniscayaan itu menjadikan pesantren untuk lebih progresif dalam menjalankan sistem fungsionalnya terhadap masyarakat.
ENGLISH:
Modernity is the main factor that inspires every system to seek to create change. The variety of impacts in many changes leads to the disintegration of society, even the disorientation of the values contained in the content of human concepts as caliphs on earth. The high idealism and the lack of awareness of the community to improve the quantity as well as the quality of the deepening and understanding of religion and education makes pesantren an institution whose purpose of historicity creates a community-centered development, its existence and its ability to be questioned in the dialogue and to build a balancing of the dynamics of social change that occurs in society in order to survive.
In this research, the authors offer examples of the contributing role of pesantren cottage, namely islamic boarding school Riyadlus Sholihin which is in contact with the dynamics of religious social change and community education in Laden Village and Jalmak Village, located in District Pamekasan, Pamekasan Regency. The purpose of this research is (1) To know the role of islamic boarding school Riyadlus Sholihin towards the dynamics of religious social change and community education in Laden Village and Jalmak Village (2) To know the factors that inhibit and encourage islamic boarding school Riyadlus Sholihin in dynamics of social change of religion and education in Laden Village and Jalmak Village.
The approach used in this research is sociology perspective. The type of research using qualitative methods (field research). The data sources are community leaders, pesantren, and communities in Laden and Jalmak villages. Data collection techniques use (1) observation; (2) interviews; (3) documentation. Data analysis with data reduction, data presentation, conclusion drawing. While for checking the validity of data by using triangulation of source and member check.
The results obtained that the islamic boarding school Riyadlus Sholihin has several important roles in defining the activities needed by people who experience changes in the field of religion and education to stay in balance. There are several factors inhibiting and pushing islamic boarding school cottage Riyadlus Sholihin in the role of the dynamics of social change. However, inevitability that makes boarding school to be more progressive in running its functional system to the community.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Isroqunnajah, Isroqunnajah and Tamrin, Dahlan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pondok Pesantren; Perubahan Sosial; Masyarakat; Islamic Boarding school; Social Change; Society | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Ilmu Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2019 08:50 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2023 08:39 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13147 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |