Awan, Edi (2018) Kebijakan kepala madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui Creative Student Day (CSD) di Madrasah Aliyah Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Sumenep. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15710010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Secara garis besar ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah yang timbul dari dalam diri siswa seperti kecerdasan, bakat, minat, perhatian motivasi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bersumber dari luar diri siswa, terdiri dari lingkungan, sekolah, profesionalisme guru dan keluarga. Mengembangkan bakat dan minat siswa bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, karena banyaknya tantangan baik dari segi pengetahuan, pengalaman, fasilitas atau wadah dan system kerja-sama yang baik dituntut dari berbagai pihak dalam hal ini tentu sangat berkaitan erat dengan tugas kepala madrasah sebagai top leader yang bertanggung jawab terhadap perkembangan di dunia pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui mengapa CSD dijadikan kebijakan dalam mengembangkan bakat dan minat (2) untuk mengetahui bagaimana konsep CSD sebagai wadah dalam mengembangkan bakat dan minat siswa (3) untuk mengetahui implementasi kebijakan kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Sumenep.Metode penelitian menggunakan penelitiankualitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus yang memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan mendetail. Subjek penelitian ini terdiri dari satu unit atau satu kesatuan unit yang dipandang sebagai kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa(1) kepala Madrasah telah melakukan kebijakan dalam mengembangkan bakat dan minat siswa yaitu dengan program Creative Student Day(CSD) sebagai wadah dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. (2) Konsep CSD merupakan pengganti dari Class Meetingdan didalamnya terdapat banyak program untuk di aktualisasikan sebagai perbaikan dari wadah sebelumnya. Siswa dirasa sulit untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Dengan adanya beraneka jenis program yang ada di CSD maka terjadilah peningkatan kualitas siswa dalam aspek bakat dan minat. (3) Implementasi dari kebijakan adanya CSD sebagai wadah mengalami banyak perubahan khususnya dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat ada empat, yaitu fisik, faktor psikis, faktor pengajaran guru dan faktor dorongan dari orang tua.
ENGLISH:
There are two factors affect learning achievement: internal and external factors. Internal factor emerges from students’ inner selves such as intelligence, talent, interest, and motivation. External factor comes from outside students’ selves, they are environment, school, teacher professionalism, and family. Developing students’ talent and interest is quite complicated because there are many challenges in knowledge, experience, facility or medium and good cooperative system that are demanded by many parties. It is a job of school principal as a responsible top leader for educational development.
The objectives of this research are: (1) to know why CSD is placed as policy in developing talent and interest (2) to know how the CSD concept as a medium in developing students’ talent and interest (3) to know the implementation of school principal’s policy in Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Islamic Senior High School Sumenep. The research method uses qualitative research of case study that focuses on certain cases intensively and in detail. The subject of this research consists of one unit as a case. The data collection techniques are observation, interview and documentation.
According to the result of data analysis, it can be inferred that: (1) school principal has done the policy in developing students’ talent and interest through Creative Student Day (CSD) program. (2) the concept of CSD is a substitute of Class Meeting and it has many programs to be actualized as a reformation from previous medium. Students feel hard to develop their talent and interest before the creation of CSD that has many programs that can improve students’ quality in the aspects of talent and interest. (3) the implementation from the policy of CSD as a medium experiences many changes especially in developing students’ talent and interest. There are four factors affect the development of talent and interest: physical, psychological, teacher method, and parents’ support factors.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Slamet, Slamet | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kebijakan Kepala Madrasah; Creative Student Day; Policy of School Principal | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2019 08:49 | |||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2019 08:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13144 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |