Arisa, Himmatul ‘Ilma (2018) Pengaruh penggunaan kartu dienes terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI Miftahul Huda Bacem kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full Text)
14140125.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang termuat dalam kurikulum di sekolah dasar. Matematika memiliki sifat yang abstrak, masih banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit. Hal ini disebabkan oleh sistem pembelajaran konvensional, sehingga membuat peserta didik menjadi pasif karena mereka mendengarkan materi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI Miftahul Huda Bacem (2) langkah-langkah penggunaan kartu dienes terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI Miftahul Huda Bacem (3) pengaruh penggunaan teori Dienes terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI Miftahul Huda Bacem.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design dengan sampel penelitian kelas II A sebanyak 30 siswa dan II B sebanyak 30 siswa. Desain penelitian ini yaitu Posstest Only Control Design. Instrumen penelitian ini menggunakan angket untuk respon siswa terhadap penggunaan kartu dienes, tes uraian untuk pemahaman konsep, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dari hasil tes pemahaman konsep perkalian kemudian di uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dianalisis menggunakan Independent sample T-test.
Hasil penelitian ini yaitu : (1) Adanya perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen dan kontrol yang dibuktikan dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan kelas kontrol 86, nilai terendah kelas eksperimen 76 dan kelas kontrol 56 (2) Langkah penggunaan kartu dienes yaitu siswa membentuk kelompok 2 orang (pemain penebak dan tertebak), setiap pemain mendapat 1 set kartu dienes yang terdiri dari 2 kartu angka dan 2 kartu konsep perkalian, siswa melakukan “hom pim pah”, pemain yang kalah akan menebak terlebih dahulu, pemain tertebak memegang kartu angka di kedua tangannya dan membuka kartu konsep perkalian, pemain penebak akan menebak jawaban dengan mengambil kartu konsep perkalian dan menunjukkannya, jika jawaban penebak benar, maka penebak akan beralih menjadi pemain tertebak, apabila pemain penebak salah, maka penebak harus menjawab sampai benar, permainan selesai apabila kedua pemain benar menjawab. (3) Untuk respon siswa terhadap teori Dienes diperoleh 86,40%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap penggunaan kartu dienes terhadap pemahaman konsep perkalian adalah baik sekali. Untuk pemahaman konsep, diperoleh thitung > ttabel ( 8,25 > 1,67 ) dengan taraf signifikan 95% (a = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, maka kartu dienes mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas II di MI Miftahul Huda Bacem Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar.
ENGLISH:
Mathematics is one of the learning materials which is included in the curriculum basic school. Mathematics has abstract character, most students believe that mathematics is hard. This is caused by conventional learning, thus the students become passive because the listen to the materials and working on task which is given by the teachers. This research is aimed at to describe: (1) The understanding of multiply concept students class II MI Miftahul Huda Bacem, (2) The steps of using dienes card towards the understanding of multiply concept students class II MI Miftahul Huda Bacem, (3) The influence of Dienes theory towards the multiply understanding students class II MI Miftahul Huda Bacem.
This research uses quantitative experiments, the design of this research is Quasi Experimental Design with the sampe of students class II A consist of 30 students and II B consist of 30 students. The instrument of this research is using survey to respond to the students using dienes card, spreading test for conceot understanding, interview, and observation. The data gotten from test result of multiply concept understanding then tested by normality and homogenity test, then analyzed by using Independent sample T-test.
The result of this research result are: (1) there are conceptual diffence between class experiment and control which is proven by the highest value of class experiment 100 and class control 86, the lowest value experimented class 76 and class sontrol 56, (2) The steps used of dienes card is students build 2 groups of people (players guessing and guessed), every player get 1 dienes card set which is build from 2 number card and 2 multiply concept card, the students do “hom pim pah”, the failed members will guess first, the guessed players hold the card number in their hands and open the multiply concept card, the guessing player will guess the answer by taking multiply concept card and show it, if the guessing player answer is correct, the guessed player will get turn to be the guessing player, if the guessing player answer wrongly, the guessing should answer until it is correct, the game is done if the players are correct. (3) To respond the students towards Dienes theory git 84.40%, thus it can be said that students’ respond towards the use of Dienes card towards the concept undertanding about multiply is really good. For the concept understanding, got tcount > ttable ( 8,25 > 1,67 ) with the significant level 95% (a = 0,05). It can be concluded that Ha is accepted, thus dienes card has significant influence towards the conceptual understanding of multiply students class II MI Miftahul Huda Bacem Sutojan Regency, Blitar District
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Teori Dienes; Pemahaman Konsep; Materi Perkalian; Dienes Theory; Conceptual Understanding; Multiply Materials | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Unnamed user with username latihan17 | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 11:21 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13021 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |