Responsive Banner

Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik

Laili, Faridah Nur (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Full Text)
14140072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dilatar belakangi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dilaksanakan di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik sebagai salah satu sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP dalam pembelajarannya. Kenyataan yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan bahan ajar yang digunakan dimana bahan ajar kurang jelas, terlalu panjang, dan kurang menarik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) menjelaskan pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik, (2) menjelaskan kemenarikan pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik, dan (3) menjelaskan tingkat efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas V MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik menyatakan bahwa (1) desain pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia materi bumi dan peristiwa alam mendapatkan persentase kevalidan dari ahli materi sebesar 96%, ahli desain 96%, dan ahli pembelajaran 96%, (2) bahan ajar berbasis ensiklopedia untuk meningkatkan kemampuan komunikasi memiliki tingkat kemenarikan mencapai 91,63%, dan (3) hasil pre-test dan post-test diperoleh kemampuan komunikasi yang signifikan dilihat berdasarkan jumlah perbedaan rata-rata nilai sebesar 20,28 dan hasil analisis uji-t yang menunjukkan bahwa〖 t〗_(hitung )>t_tabel, artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kemampuan komunikasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas V MI Assa’adah Sukowati Bungah Gresik.

ENGLISH:

Development of teaching materials based encyclopedia to improve students' communication skills in the background of Natural Science learning conducted at MI Assa'adah Sukowati Bungah Gresik as one of the schools that still use KTSP in their learning. The students' communication skills were still low because of the limitations of teaching materials used, the teaching materials were less clear, too long, and less interesting. Based on the background, the development of teaching materials that can improve students' communication skills is required.

The purpose of this research and development were: (1) explain the development of teaching materials based on encyclopedia on Natural Science subjects to improve students' communication skills at MI Assa'adah Sukowati Bungah Gresik, (2) explain the attractiveness of teaching materials development based on encyclopedia (3) explain the effectiveness level of teaching materials development based on encyclopedia on Natural Science subject to improve students' communication skills at MI Assa'adah Sukowati Bungah Gresik.

The method used is research and development method by adapting the development model of ADDIE. Data collection techniques included observation, interviews, questionnaires, and tests. The subject of this research and development was the 5th grade students of MI Assa'adah Sukowati Bungah Gresik.

The results of this research stated that (1) the development of teaching materials based on earth's material encyclopedia and natural events get 96% of the the percentage of validity, 96% of design experts, and 96% of learning experts, (2) teaching materials based on encyclopedia has 91.63% percentage of attractiveness , and (3) result of pre-test and post-test obtained significant communication ability seen by difference amount of mean value equal to 20,28 and result of t-test analysis showing that 〖 t〗_(count )>t_table, it means that utilizaion of encyclopedia-based teaching materials on science subjects to improve students' communication skills of 5th grade students of MI Assa'adah Sukowati Bungah Gresik shown significant difference before and after application.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abtokhi, Ahmad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAbtokhi, AhmadUNSPECIFIED
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Ensiklopedia; Ilmu Pengetahuan Alam; Kemampuan Komunikasi; Development; Instructional Materials; Encyclopedia; Natural Science; Communication Skill.
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with username latihan17
Date Deposited: 20 Feb 2019 11:13
Last Modified: 20 Feb 2019 11:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13016

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item