Faisol, Achmad Agus (2018) Pengaruh penggunaan e-book sebagai sumber belajar sejarah terhadap prestasi belajar siswa Kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
14130001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran sejarah sering dianggap sebagai rutinitas saja dan memberikan pandangan negatif bahwa mata pelajaran sejarah membosankan, menjenuhkan dan tidak memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari, dikarenakan sejarah yang diajarkan dikelas tidak pernah dialami sebelumnya. banyak siswa yang menghindari pembelajaran sejarah karena dianggap statis dan membosankan. oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembelajaran sejarah dari pandangan yang keliru sehingga dapat memotivasi siswa agar tertarik mempelajari sejarah, salah satunya adalah dengan menggunakan buku pelajaran berbasis elektronik atau sering disebut e-book yang pada umumnya diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku cetak atau konvensional, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-book sebagai sumber belajar sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Penelitian ini juga diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, inovasi dalam kegiatan belajar mengajar, dan menggunakan media dan sumber belajar dengan baik, yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah pre-test/post-test control group design yang mana pengujian pengaruh dilakukan dengan membedakan antara hasil post-test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis, dan uji independent sample test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar sejarah antara siswa yang diajar dengan e-bookdan siswa yang diajar dengan metode ceramah. (2)terjadi peningkatan nilai rata-rata sebear 37,5% pada kelas eksperimen dan 30,3% pada kelas kontrol (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan e-book terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPA MAN 2 Kota Probolinggo dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
ENGLISH:
History learning is often regarded as a routine and gives a negative view that history subjects are boring, saturating and have no benefit for everyday life, because the history taught in class has never been experienced before. many students avoid learning history because it is considered static and boring. therefore it is necessary to innovate in history learning from a wrong view so as to motivate students to be interested in studying history, one of which is to use electronic textbooks or often called e-books that are generally in demand because of their small size when compared to printed books or conventional, and also generally has a search feature, so words in an electronic book can be quickly searched and found. This study aims to determine the effect of the use of e-books as a source of history learning on students' achievement in class X IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. This research is also expected to be able to improve student learning motivation, innovation in teaching and learning activities, and use media and learning resources well, which will affect student achievement, especially in history learning.
This research us using quantitative analysis by using experimental model. The research design is pre-test/post-test control group design which the influence examination done by devining between post-test result experiment group with control group. The research instrument used is sheet choices used to know the students learning achievement. The analysis used is pre-term analysis and independent sample test examination. The testing result shows that 1) there is difference between learning history achievemnt between students learned with e-book and students taught by explaining method. 2) There is increase in average value as high as 37.5% towards the experiment class and 30.3% towards the control class, 3) There is positive influence and significant of e-book use towards students learning achievement X IPA MAN 2 Probolinggo City with significance value 0.000 < 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Sejarah; E-book, dan Prestasi Belajar History Learning; E-book, and Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Unnamed user with email www@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:18 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13000 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |