Tsaniyah, Albadrotus (2018) Pengembangan media pembelajaran flipbook maker pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full Text)
14130043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
INDONESIA:
Proses belajar mengajar pada era digital seperti saat ini syarat dengan penggunakan teknologi, hal ini tidak hanya menarik untuk dicermati, namun juga bisa membantu tugas guru dalam memberikan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran flipbook maker guru dapat menyampaikan materi pelajaran secara jelas serta menarik sehingga siswa tidak merasa bosan, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kebutuhan akan media pembelajaran flipbook maker ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum ada media pembelajaran interaktif dan menarik yang digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Wahid Hasyim 01 Dau. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengembangkan media pembelajaran flipbook maker pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang, (2) menjelaskan tingkat daya tarik media pembelajaran flipbook maker pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang, (3) menjelaskan keefektifan penggunaan media pembelajaran flipbook maker pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang. Jenis penelitian pengembangan ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan oleh Borg and Gall dalam sembilan tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) pengembanagan media pembelajaran ini melalui sembilan tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal yang berdasarkan penilaian ahli materi/isi yang mencapai tingkat kevalidan 88%, ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 82%, untuk uji coba lapangan mencapai 87,3%., revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir (2) tingkat daya tarik media dilihat dari hasil uji coba lapangan terhadap siswa yang mencapai 87,3%. (3) adapun keefektifan pengunaan media dilihat dari hasil hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen setelah menggunakan media pembelajaran dibandingkan dengan kelas kontrol, yang artinya hasil belajar kelas yang menggunakan media lebih unggul dibandingkan dengan hasil belajar kelas yang tidak menggunakan media flipbook maker. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media pembelajaran flipbook maker efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS.
ENGLISH:
The process of teaching and learning in the digital era uses the technology, this fact has became very interesting to look into, but it also can help the teachers in sharing the materials. With the usage of the flipbook maker media, the teachers are able to explain the materials clearly, as well as interestingly, so that the students do not feel bored, and the purpose of the learning process can be reached. The need of the flipbook maker media is based on the fact that there is no interactive and interesting learning media that is used in the social learning process at VII classes of MTs Wahid Hasyim 01 Dau. The purposes of the research are (1) to expand the learning through flipbook maker media at the social VII classes MTs at Wahid Hasyim 01 Dau Malang, (2) to explain the interesting part of the learning process through flipbook maker media to social VII classes in MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang, (3) to explain the effectiveness of the usage of flipbook maker media to the learning process in Social VII classes at MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang. The type of research is the research and development that uses the Borg and Gall development model in nine steps, which are research and information collection, planning, development of initial format, initial test, product revision, field trials, product revision, field trials, final product revision.
The result from the research shows: (1) the media expansion through nine steps, which are research and initial data collection, planning, initial expansion products, initial trial that is based on research that has validity of 88%, the disigner media reaches 80% validity, learners reach 82% validity, field trials reach 87,3% product revision, field trial, final product revision, (2) the media interest is seen from the field trials toward the students with 87,3% of validity, (3) the effectiveness from media is seen from the students learning which is the significant difference in the experiment class after the learning media as compared to the class that do not use the media, which means that the class that uses flipbook maker media is better than those class that do not use flipbook maker media. This show that the product that is developed has hight level of validity, therefore the flipbook maker media is considered as effective and suitable for social student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Flipbook Maker; Development; Learning Media | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:55 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12999 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |