Zahro, Siti Aminatus (2018) Implementasi pembelajaran outdoor mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII: Studi kasus di SMP Darul Ulum Agung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Full Text)
14130041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran Outdoor adalah suatu kegiatan pembelajaran di luar kelas yang berorientasi pada alam sekitar yang mempunyai sifat menyenangkan dan dapat mewujudkan nilai spiritual siswa mengenai ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa dengan cara mengamati, menyelidiki, menemukan segala sesuatu ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS) merupakan mata pelajaran yang bersumber dari kehidupan sosial masyarakat yang diseleksi dengan menggunakan konsep-konsep ilmu sosial yag digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran outdoor pada mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Darul Ulum Agung Malang, (2) Proses pelaksanaan pembelajaran outdoor pada Mata Pelajaran IPS Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Darul Ulum Agung Malang, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran outdoor pada mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Darul Ulum Agung Malang. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif Deskriptif, Prosedur pengumpulan data menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1). Wawancara, 2). Dokumentasi, 3).Observasi. Sedangkan Analisis Data penulis menggunakan: 1). Reduksi Data, 2). Penyajian data, 3). Verifikasi.
Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Perencanaan pembelajaran Outdoor meliputi (a) Guru membuat RPP sesuai dengan silabus dan kurikulum sebelum melaksanakan proses pembelajaran (b) Guru memilik Topik atu Tema yang cocok untuk dijadikan pembelajaran Outdoor (c) Guru menyesuaikan dengan kondisi siswa. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran outdoor meliputi (a) observasi, siswa mendapatkan data dengan cara mengamati objek yang akan diteliti (b) wawancara, siswa mengumpulkan informasi dengan cara wawancara kepada narasumber atau kepada para pedagang (c) diskusi, siswa melakukan diskusi dengan teman kelompoknya (d) presentasi, siswa melakukan presentasi dari hasil observasinya bersama teman kelompoknya. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Outdoor meliputi (a) faktor pendukung yaitu potensi guru, SDM , semangat siswa (b) faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai, membutuhkan banyak waktu.
ENGLISH:
Outdoor learning is an activity to learn outside of classroom which is fun and interesting. It can create religious values of students about God’s creatations and the way to observe, identificate, find it. Social studies is a lesson from social life of society that pplied social concept knowldeges in order support learning activity. The objectives of this reseach are (1) to describe outdoor learning plan on social studies 2013 curricullum in VII Grade of Junior High School Ulum Agung Malang class, (2) Outdoor learning process on social studies 2013 curriculum in VII Grade of Junior High School Ulum Agung Malang class, (3) Proponent factors and obstacles factorsof outdoor learning Implementation on social studies 2013 curriculum in VII Grade of Junior High School Ulum Agung Malang class. This research uses qualitative decriptive approach, the steps to collect the data are: (1) Interview, (2) Documentation, (3) Observation. Otherwise, data analysis steps are : (1) data reduction, (2) Data presentation, (3) Verification.
The result of this research are : (1) Outdoor learning plan include (a) Teacher makes lesson plan appropriate with the sillabus and curriculum before held the learning process. (b) Teacher chooses topic or theme that appropriate as outdoor learning, (c) Teacher considerates students’ condition. (2) Outdoor learning implementation process involved (a) observation, students get the data through observe the object carefully (b) Interview, students collect the data through interview with the interviewees directly (c) Dicsuccion, students discuss with their groups, (d) Presentation, students perform a presentation based o their observation’s result with their groups. (3) Proponent factors and obstacles factors of outdoor learning implementation process are : (a) Proponent factors are : teacher’s potention, human resources, students’ enthusiasm, (b) obstacles factors are : inappropate infrastucture and need too much time.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran Outdoor; Mata Pelajaran IPS; Implemetation; Outdoor Learning; Social Studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:57 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12995 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |