Hidayatul M, Fuji Ayu (2018) Pengaruh pola asuh orang tua dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Full Text)
14130030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Belajar mengajar merupakan kegiatan inti dan kegiatan utama yang ada di sekolah. Harapan seorang guru adalah siswa-siswanya berhasil dalam pembelajaran. Selain harapan dari seorang guru orang tua juga mempunyai harapan yang sangat tinggi kepada anaknya supaya dapat berhasil dalam pembelajarannya dan mendapatkan pengalaman belajar yang baik dan mendidik. Keberhasilan tersebut selalu dibarengi dengan usaha-usaha baik dari guru, orang tua maupun dari dalam diri siswa sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui seberapa tinggi tingkat pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 1 Singosari, (2) mengetahui seberapa tinggi tingkat pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 1 Singosari, (3) mengetahui seberapa tinggi tingkat pengaruh pola asuh orang tua dan penggunaan gadget terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 1 Singosari. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singosari jumlahnya 324 siswa dengan mengambil sampel 180 dari populasi siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskesdastisitas, autokorelasi dananalisis regresi linier berganda, determinasi, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil nilai yang diperoleh dari perhitungan SPSS 20 for windows uji t sebesar thitung (2,511) > ttabel (1,973) dan nilai signifikasi (0,013) < α (0,05) yang artinya bahwa Ho ditolak, maka pola asuh orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Singosari, (2) diperoleh thitung (-1,527) <ttabel (1,973) dan nilai signifikasi (0,128) <α (0,05) yang artinya bahwa Ho diterima, maka penggunaan gadget tidak mempunyai pengaruh yangpositif signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Singosari, (3) diperoleh nilai Fhitung (3,366) > ttabel (3,05) dan nilai signifikasi (0,037) < (0,05) yang artinya Ho ditolak, maka dapat dinyatakan bahwa variabel pola asuh orang tua dan penggunaan gadget secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Singosari, artinya semakin optimal pola asuh orang tua, semakin optimal penggunaan gadgetyang digunakan dengan benar dan pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa akan semakin baik.
ENGLISH:
Learning and teaching are the main and core activity in a school. Teacher only hopes that the students succeed in their leaning process. Having the similar expectation, the parents also want their children to have an educative and good learning experience. Their successes are impossible without the role of the teachers, parents and the students themselves. The study aims to: (1) find out the influence level of parental care on social science learning achievement of Grade VII students in SMPN 1 Singosari, (2) find out the influence level of gadget use on social science learning achievement of Grade VII students in SMPN 1 Singosari, (3) find out the influence level of parental care and gadget use on social science learning achievement of Grade VII students in SMPN 1 Singosari. To achieve the aims, the researcher employed a quantitative research using correlational approach. The instruments of the study are questionnaire and documentation. The population consists of 324 students of Grade VII in SMP Negeri 1 Singosariand the researcher took 180 samples out of the population. The data analysis is conducted using classical assumption test such as normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and multiple linear regression analysis, determination, t-test and F-test.
The results showed that, (1) the result obtained from the calculation of SPSS 20 for windows t test of tcount (2.511)> ttable (1.973) and significance value (0.013) <α (0.05) which means that Ho is rejected, then the parenting pattern has a significant influence on the students' learning result of IPS student grade VII SMPN 1 Singosari, (2) obtained tcount (-1.527) <ttabel (1,973) and significance value (0,128) <α (0,05) that Ho is accepted, then the use of gadget does not have a significant positive effect on the learning outcomes of social studies subjects of grade VII SMPN 1 Singosari, (3) obtained value Fcount (3.366)> ttable (3.05) and significance value (0,037) <( 0.05) which means Ho is rejected, it can be stated that parents parenting patterns and the use of gadgets simultaneously or simultaneously affect the results of students' eyes IPS student grade VII SMPN 1 Singosari, meaning that the more optimal parent care pattern, bush in the optimal use of the gadgets used properly and parental supervision in the use of gadgets will affect student learning outcomes and student learning outcomes will be better.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Penggunaan Gadget; Hasil Belajar; Parental Care; Gadget Use; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:53 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12988 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |