Arifin, Adam Zainurribhi (2018) Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di MTS Negeri Wonorejo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
13130125.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS perlu direalisasikan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari di masyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Wonorejo. Permasalahan yang diteliti di fokuskan pada (1) Apa saja nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan melalui pembelajaran IPS di MTs Negeri Wonorejo Pasuruan, (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran IPS di MTs Negeri Wonorejo Pasuruan, (3) Apa saja faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran IPS di MTs Negeri Wonorejo Pasuruan ?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk analisis datanya, penulis menggunkan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut, dimana hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS melalui 3 tahapan, Tahap Transformasi, Tahap Transaksi Nilai, Tahap Trans Internalisasi. (2) Nilai-nilai yang diinternalisasikan dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Wonorejo antara lain : Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Domkratis, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. (3)Faktor yang mendukung dalam tercapainya internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Wonorejo ini ada 2 faktor, faktor internal dan eksternal, internal merupakan dukungandari pihak sekolah sendiri, dan eksternal dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat tempat siswa bertempat tinggal.
ENGLISH:
The integration of character education on Social Studies learning needs to be realized, related to the context of everyday life. Thus, the character learning values are not only at the cognitive level, but in internalization, and real practice in real life of the everyday learners in society. The research examines the internalization of character values of social studies in Wonorejo Public Junior High School. The problems of the research are focused on (1) What are the values of character that are internalized through social studies in Wonorejo Public Junior High School of Pasuruan, (2) how the internalization of character values of social studies in Wonorejo Public Junior High School of Pasuruan, (3)What are the supporting factors in the internalization of character values through learning social studies in Wonorejo Public Junior High School of Pasuruan?
In this research, the researcher used qualitative research approach. In the process of data collection, the researcher used several methods, namely observation, interviews, documentation. As for data analysis, the researcher used descriptive qualitative analysis technique, namely written data about the related data, both written and oral from the object of research in the institution, where the researcher described thoroughly about the actual situation. The research results showed that (1) In the internalization of character values of social studies learning is through 3 stages, Transformation Stage, Value Transaction Stage, Internalization Trans stage. (2) The values that are internalized in social studies in Wonorejo Public Junior High School are: Religious, Tolerance, Discipline, Hard Work, Creative, Democracy, Want to Know, Friendly / Communicative, Reading, Environmental Care, Social Care, Responsibility . (3) Factors that support the achievement of the internalization of character values in Social Studies in Wonorejo Public Junior High School are 2 factors, internal and external factors, internal support is from the school itself, and external support is from the surrounding environment or community.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Internalisasi; Nilai-Nilai Karakter; Internalization; Character Values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Unnamed user with email www@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:22 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12981 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |