Munir, Muhammad Misbahul (2018) Implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan tahlil di Madrasah Ibtidaiyah Darussa'adah Nglegok Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang penting bagi manusia dalam kehidupan ini. Pendidikan karakter hendaknya memiliki kualitas yang lebih baik. Kualitas tersebut tidak saja tertuju pada kemampuan yang bersifat kognitif, tetapi lebih dari itu adalah pada kualitas yang bersifat afektif dan psikomotorik yang berupa aspek sikap prilaku. Hal tersebut karena perkembangan zaman yang semakin pesat, teknologi yang semakin canggih begitu juga moralitas generasi muda yang dipertanyakan. Terkait hal tersebut MI Darussa’adah menerapkan kegiatan tahlil dalam bentuk budaya religius untuk membentuk pendidikan karakter siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam bacaan tahlil di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, (2) Mendeskripsikan proses Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Tahlil di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kulaitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpilan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter yang terbentuk dalam bacaan tahlil yang adalah (a) religius (b) disiplin (c) tanggungjawab (2) Prosen pembentukan karaker religius melalui kegiatan tahlil yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu (a) membaca doa dan bertawasul kepada Nabi Muhammad Saw, para sahabat, tabi’in, aulia, ulama dan seluruh keluarga yang dipimpin oleh Pembina, (b) membaca rangkaian amaliyah tahlil yang dimulai dengan surat al-ikhlas, al-falaq, an-nas, al-baqoroh, sholawat, istighfar, tahlil, tasbih yang di pimpin langsung oleh siswa sesuai jadwal, (c) yang terakhir adalah doa yang di ambil alih oleh ustadz dan bermushofahah.
ABSTRACT
The character education is an important thing for human in this life. Character education should have more quality. These qualities are not only fixed on cognitive ability, but more than that, the quality must have affective and psychomotor aspects of attitude behavior. It is due to the increasingly rapid development, technology is increasingly sophisticated so also the young generation of questionable morality. Related thereto MI Darussa'adah implemented activities of tahlil in form religious culture for student character building.
The purpose of this research are : (1) Identify the values of any character which in tahlil’s reading in Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Nglegok Sub Blitar District, (2) Describe the process of student religious character building through the activities of tahlil in Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Nglegok Sub Blitar District. The research uses descriptive qualitative approached by case studies method. The techniques of data collection used observation, interviews, and documentation relating to the object of research. The techniques of data analysis used Miles and Huberman include data reduction, data presentation, and conclusion.
The results of this research showed that (1) The values of religious character which formed in tahlil reading is (a) religious (b) discipline (c) responsibility (2) The process of formation of the rightmost character through religious activities conducted with tahlil several stages, there are (a) read the prayer and tawasul to the Prophet Muhammad, his companions, tabi'in, aulia, clergy and the whole family guided by the teacher, (b) read the series of tahlil amaliyah start from read al-ikhlas, al-falaq, an-nas, al-baqarah, sholawat, istoghfar, tahlil, tasbih guided by student who get the schedule, (c) the last is pray led by ustadz and read mushofahah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implentasi; Pendidikan Karakter; Kegiatan Tahlil; Implementation; Character Education; Activities of Tahlil | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Respati Aji Subakti | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 15:03 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2023 21:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12945 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |