Responsive Banner

Pengembangan media pembelajaran matematika papan 3D pada materi operasi pecahan senilai untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Bunulrejo 3 Malang

Mahmudah, Qoriatul Ulfa (2018) Pengembangan media pembelajaran matematika papan 3D pada materi operasi pecahan senilai untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Bunulrejo 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14140024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Pecahan merupakan salah satu cabang dalam bidang ilmu matematika yang mempelajari tentang bilangan. Dimana salah satu konsep dasar pecahan yang harus dikuasai siswa yaitu memahami pecahan senilai. Dalam pembelajaran pecahan senilai harus menggunakan media yang bisa memberikan pemahaman kepada siswa dan nantinya akan berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu media yang bisa digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi pecahana senilai yaitu media Papan 3D Pecahan Senilai. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan bentuk media pembelajaran matematika papan 3D pada materi operasi pecahan senilai untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Bunulrejo 3 Malang, (2) menjelaskan hasil belajar siswa kelas yang menggunakan media dan siswa kelas yang tidak menggunakan media papan 3D Pecahan Senilai, (3) menjelaskan kevalidan dan kemenarikan media pembelajaran papan 3D pada materi operasi pecahan senilai. Untuk mencapai tujuan diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research And Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti modal pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara dan angket. Data dianalisis melalui cara analisis tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba menggunakan Uji-t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media papan 3D pada materi Pecahan Senilai, (2) hasil uji coba pengembangan media Papan 3D Pecahan Senilai memiliki tingkat kevalidan dan kemenarikan yang tinggi, (3) perbedaan hasil test uji coba produk pada kelas IVB sebagai kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 96,3, sedangkan hasil tes kelas IVA sebagai kelas kontrol menunjukkan rata-rata 74,5. Dari hasil uji statistic menggunakan uji-t pada SPSS didapatkan nilai thitung sebesar 11,4 dan ttabel sebesar 2,064. Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kelas eksperimen dengan nilai kelas kontrol atau secara statistic nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan media Papan 3D Pecahan Senilai lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media Papan 3D Pecahan Senilai.

ENGLISH :

Fraction is one of the branchs in the field of mathematics that learns about numbers. Where one of the basic concepts of fractions that must be mastered by students is to understand an equality of rational numbers. In fractional learning should use media that can provide understanding to the students and will have an impact on student’s learning outcomes. One of the media that can be used to provide understanding to the students about the equality of rational numbers material is the 3D Board Media of equality of rational numbers. The purposes of the research are: (1) to explain the form of the 3D mathematics learning media on operating of equality of rational numbers materials to improve learning outcomes of students of B fourth class of Public Elementary School of Bunulrejo 3 of Malang; (2) to describe the validity and attractiveness of 3D board learning media on equality of rational numbers operation materials, (3) to explain the results of student learning of class by using media and do not use 3D media of equality of rational numbers. To achieve the objectives above, the type of research used Research And Development (R & D) research. The model used the development model of Borg & Gall. Data collection techniques used interviews and questionnaires. Data were analyzed by means of the analysis of the validity level of the product, and the analysis of trial data used the t-test.

The results of the research indicated that, (1) the resulted product of this research and development was in the form of 3D board media on the material of equality of rational numbers, (2) the development trials results of 3D media of equality of rational numbers had a high validity and attractiveness level, (3) the difference of test result of product test in B fourth class as experiment class showed average of 96,3, while the results of the A fourth class tests as control class showed average of 74.5. From the results of statistical tests using the t-test on SPSS were obtained t-count of 11.4 and t-table of 2.064. So this proved that there was a significant difference between the value of the experimental class and the value of the control class or statistically the average value of the experimental class by using the 3D Board Media of equality of rational numbers was higher than the control class that did not use the 3D Board Media of equality of rational numbers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djunaidi, Arif
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDDjunaidi, ArifUNSPECIFIED
Keywords: Media Papan 3D Pecahan Senilai; Meningkatkan Hasil Belajar; 3D Board Media of equality of rational numbers; Improving Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinantari Susilo
Date Deposited: 20 Feb 2019 14:12
Last Modified: 20 Feb 2019 14:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12944

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item