Rimbasari, Fitria Dwi (2018) Penyimpangan perilaku siswa terhadap peraturan sekolah dan norma sosial di MTs al-Maarif 02 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14130089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Masalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja saat ini khususnya di usia sekolah, bukan hanya meresahkan masyarakat, orang tua bahkan meresahkan para guru di sekolah. Karena sekolah dianggap sebagai pendidikan formal yang di dalamnya bukan hanya mentransfer berbagai ilmu pendidikan, namun di dalamnya juga mendidik karakter anak dengan mengajarkan berbagai peraturan dan norma yang berlaku di dalam sekolah maupun di dalam masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini meneliti tentang penyimpangan perilaku siswa terhadap peraturan dan norma sekolah. Penelitian ini bertujuan : 1) mendiskripsikan bentuk dan faktor penyimpangan perilaku siswa terhadap peraturan dan norma sekolah di MTs Al Maarif 02 Singosari Malang. 2) solusi sekolah dalam menanggulangi penyimpangan perilaku siswa terhadap peraturan dan norma sekolah di MTs Al Maarif 02 Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di MTs Al Maarif 02 Singosari Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, guru tata tertib, guru BK dan siswa. Untuk pengumpulan data, dalam hal ini peneliti sebagai instrument penelitian menggunakan alat bantu Panduan Wawancara, Observasi dan dokumentasi. Analisis data penenlitian ini menggunakan model interaktif. Dengan menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut :ada dua bentuk penyimpangan perilaku siswa atau kenakalan siswa yang terjadi di MTs Al Maarif 02 Singosari, yakni pertama kenakalan ringan (bolos sekolah, dating telambat kesekolah, memakai seragam tidak sesuai meninggalkan sekolah ketika jam pelajaran berlangsung). Kedua penyimpangan perilaku yang bersifat berat (minum-minuman keras, balapan liar, mengonsumsi narkoba). Adapun faktor pendorong terjadinya penyimpangan perilaku pada siswa adalah factor keluarga, factor sekolah ataupun factor masyarakat atau media massa. Dengan adanya beberapa penyimpangan perilaku siswa yang dilakukan di sekolah dan dilengkapi dengan faktor-faktor penyebabnya, maka harus ada solusi untuk menanggulanginya. Dalam kasus ini pihak sekolah MTs Al Maarif 02 Singosari Malang melakukan tiga upaya yakni upaya preventif, represif, dan upaya kuratif. Dengan adanya upaya yang dilakukan tersebut, diharapkan dapat meminimalkan angka penyimpangan perilaku atau kenakalan yang dilakukan oleh siswa.
ENGLISH:
The problem of deviant behavior perpetrated by teenagers, especially at school age, nowadays is not only disturbing society and parents but also disturbing the teachers in school. As we know that the school is considered a formal education that does not only transfer the various educational sciences, but also educates the character of children by teaching the various regulations and norms that apply in the school and in the society. Therefore, this research examines the students’ deviant behavior on school regulations and norms. This research aims: 1) to describe the forms and factors of the students’ deviant behavior on the school regulations and norms at MTs Al Maarif 02 Singosari Malang. 2) to take school solutions to ward off the students’ deviant behavior on the school regulations and norms at MTs Al Maarif 02 Singosari Malang.
This research used qualitative approach with research type of case study at MTs Al Maarif 02 Singosari Malang. The subjects in this research are the vice principal of student affair, the disciplinary teacher, the guidance and counseling teacher and the students. For collecting data, the researcher as a research instrument used the aids like Interview Guide, Observation and documentation. The data analysis of this research used interactive model. The data validity in this research used data triangulation technique. This research shows that (1) there are two forms of the students’ deviant behavior or juvenile delinquency on the school regulations and norms at MTs Al Maarif 02 Singosari Malang, that are light deviant (skipping school, coming late to school, wearing inappropriate uniform, leaving school when lesson in progress) and severe deviant (drinking the liquor, illegal street racing, using drugs). (2) The driving factors of the students’ deviant behavior are family factors, school factors or society factors and mass media. By finding some students’ deviant behavior or juvenile delinquency in school and also by finding the factors of it, they must have solution to overcome it. In this case the school of MTs Al Maarif 02 Singosari Malang has solution by making three efforts namely preventive, repressive, and curative efforts. By making it, they expected to minimize the number of students’ deviant behavior or juvenile delinquency on the school regulations and norms at MTs Al Maarif 02 Singosari Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku menyimpang; peraturan; norma sosial; Deviant behavior; regulations; social norms | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 08:46 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 08:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12942 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |