Lutfiani, Yunita Vivi (2018) Peran koperasi siswa dalam menumbuhkan motivasi wirausaha siswa di MAN 1 Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14130024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Koperasi siswa merupakan koperasi yang beranggotakan seluruh siswa yang berada dalam lingkungan sekolah tersebut. Dimana sebenarnya koperasi tidak hanya sebagai wadah pelayanan kebutuhan siswa yang berada pada lingkungan sekolah, akan tetapi koperasi siswa juga memiliki peran sebagai wadah mendidik siswa untuk praktek secara llangsung pada koperasi siswa. Mereka bisa belajar mengenai kegiatan apa saja pada koperasi siswa. Koperasi siswa merupakan badan usaha, sehingga koperasi siswa bisa memotivasi siswa untuk berwirausaha melalui praktek secara langsung dalam koperasi. Selain itu Dekopinda Bojonegoro juga menyatakan bahwa Koperasi MAN 1 Bojonegoro atut dijadikan percontohan Sekolah-sekolah yang ada di daerah Bojonegoro. Dari pernyataan tersebut peneliti mengadakan penelitian yang berjudul. “Peran Koperasi Siswa dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Siswa di MAN 1 Bojonegoro”. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui mengetahui progam prmbinaan motivasi wirausaha pada koperasi siswa di MAN 1 Bojonegoro. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan progam motivasi wirausaha siswa di MAN 1 Bojonegoro. 3) Untuk mengetahui Hambatan pada pelaksanaan progam motivasi wirausaha pada koperasi siswa di MAN 1 Bojonegoro .
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan interview (wawancara), observasi dan dokumentasi.adapun langkah-langkah penelitian atau analisa data yang di lakukan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkkan motivasi wirausaha siswa dalam koperasi meliputi Diklat perkoperasian, menjalankan sosialisasi untuk merekrut anggota baru sebagai pengurus dan praktik secara langsung dengan melaksanakan piket jaga koperasi. 2) pelaksanaan progam dalam memotivasi siswa, yang dapat meningkatkan motivasi wirausaha siswa adalah diklat DEKOPINDA dimana mereka diberikan tanggungjawab, rasa kebersamaan serta embelajaran kewirausahaan dalam pengelolaan koperasi seperti beberapa indikator dari wirausaha, mereka melaksanakan kewajiban mereka dengan rentetan program dalam bentuk mensosialisasikan kepada kelas X sebagai anggota baru dan bertanggung jawab untuk praktek langsung dalam pengelolaan koperasi siwa ketika waktu istirahat .3) hambatan yang ada adalah kendala waktu yang masih kurang, pemahaman siswa masih kurang dan partisipasi pengurus dalam pengelolaan masih kurang.
ENGLISH:
Student cooperative is a cooperative with some members who study in the school. Actually, the cooperative does not only become an organization of needs services for all students who are in the school but it also has a role in educating students how work in the cooperative. They can learn anything in the cooperative. Student cooperative is an entrepreneurship organization. So that, it can motivate the students to work as entrepreneurs by practicing directly in the cooperative. However, the chief of Cooperative Office of Bojonegoro also states that Cooperative of MAN 1 Bojonegoro is appropriate to be a model for the other schools in Bojonegoro. Because of that statement, the researcher does a research about "The role of student cooperative in fostering student entrepreneurial motivation in MAN 1 Bojonegoro". The aim of this research is: 1) to know the program of entrepreneurial motivation fostering in student cooperative of MAN 1 Bojonegoro. 2) To know the implementation of student entrepreneurial motivation program in MAN 1 Bojonegoro. 3) To know the problem of entrepreneurial motivation program implementation on student cooperative of MAN 1 Bojonegoro.
This research uses descriptive qualitative methodology. The data are gotten by interviewing some interviewees, observing and documenting the place of research. Furthermore, the data analysis is done by data reduction, data presentation, and conclusions or data verification. The research shows that: 1) The program for fostering student entrepreneurial motivation are cooperative training, member recruitment socialization the new member will be the committee of the cooperative and work directly in the cooperative under a schedule. 2) program implementation for motivating students. One program which can foster student entrepreneurial motivation is training from Bojonegoro cooperative office. In this occasion, they have to be responsible, care to others, and a cooperative learning in managing the student cooperative. The responsibilities that they must do are work as entrepreneurs; they have to join the series of programs (for new members) like socializing to X class that they are a new member in cooperative organization. They also have to work in the cooperative along of break time. 3) The problems are the time of working in student cooperative is very limited, student comprehension is still bad, and committee participation is also still low.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Koperasi Siswa; Motivasi; Wirausaha; Student cooperative; motivation; entrepreneurship | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:51 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12929 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |