Romadhon, Beril Firmansyah (2018) Model pendidikan nonformal Lembaga Bimbingan Belajar Mentari Ilmu 3 Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full Text)
14130018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan menjadi penunjang bagi ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, sosial dan juga peradaban berbagai bidang tersebut merupakan satu kesatuan yang berada di bawah lingkup pendidikan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Pendidikan merupakan aset bagi suatu bangsa sebagai alat untuk mencerdaskan dan meningkatkan sumber daya manusia yang ada pada warga Negara dan masyarakatnya.
Dalam perkembanganya, pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu pendidikan formal, informal dan nonformal. Pendidikan formal adalah kegiatan yang sistematis, berstruktur, bertingkat, berjenjang, dimulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Kemudian pendidikan informal adalah proses yang berlangsung sepanjang usia karena sifatnya tersebut pendidikan ini mampu memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembentukan pribadi seseorang (individu). Sedangkan pendidikan nonformal adalah semua bentuk pendidikan yang diselenggarakan dengan sengaja, tertib dan berencana, diluar kegiatan pendidikan formal dengan tujuan untuk melayani peserta didik (siswa) tertentu dalam mencapai tujuan belajarnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat : (1) Mengidentifikasi model pendidikan nonformal lembaga bimbingan belajar Mentari Ilmu 3 Sukun, Malang. (2) Mengetahui hasil evaluasi program pendidikan nonformal yang ada di lembaga bimbingan belajar Mentari Ilmu 3 Sukun, Malang dan (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam proses pelaksanaan program bimbingan belajar Mentari Ilmu 3 Sukun, Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Model pendidikan lembaga bimbingan belajar Mentari Ilmu 3 Sukun, Malang adalah model pendidikan nonformal yang kurikulum bimbel mengacu pada kurikulum K13. (2) Hasil evaluasi program pendidikan nonformal yang ada di lembaga bimbingan belajar Mentari Ilmu 3 Sukun, Malang terdiri dari dua yaitu evaluasi umum yang dilakukan oleh LAZISMU dan evaluasi khusus yang dilaksanakan oleh pihak internal bimbel. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam proses pelaksanaan program bimbingan belajar Mentari Ilmu 3 Sukun, Malang, untuk penghambat sistem manajemen yang kurang rapi, minimnya koordinasi dan komitmen tutor, target kurang jelas dan minimnya tenaga pendidik. Faktor pendukung adalah sarana prasarana, kegiatan di luar program bimbel, sifat bimbel yang gratis dan lingkungan sekitar yang kondusif.
ENGLISH:
As the support of knowledge, technology, culture, social, and also civilization of various field of studies, education is a unity under the responsibility of education and it becomes an inseparable part. Education is the asset of nation as a tool to educate and improve the human resource of the nation.
In the development, education is classified into three types namely forma, informal, and non-formal education. Formal education is a systematic, structured, complex, and tiered, started from elementary school until higher education. Informal education is a long life process. Because of its characteristic, this type of education is able to give a strong influence toward individual personality development. Meanwhile, non-formal education is all kinds of education that is conducted deliberately, orderly, and planned. It is separated from formal education since it aims to educate certain students in achieving the learning objectives.
This study aims to: (1) identify the non-formal education model of Mentari Ilmu 3 learning course institution in Sukun, Malang, (2) find out the result of the non-formal education program evaluation in Mentari Ilmu 3 learning course institution in Sukun, Malang, and (3) know the factors that inhibit and support the implementation process of Mentari Ilmu 3 learning course institution in Sukun, Malang. This study uses qualitative method as a part of the procedure of the study producing descriptive-qualitative data in written and spoken form. The data are obtained from the people and attitudes observed. The data collection techniques are observation, interview, and documentation.
The results of the study are: (1) the education model of Mentari Ilmu 3 learning course institution in Sukun, Malang is non-formal education, in which the curriculum is made based on K13 curriculum. (2) The results of the non-formal education program evaluation conducted in Mentari Ilmu 3 learning course institution in Sukun, Malang consists of general evaluation held by LAZIZMU and special evaluation held by the internal party of the learning course institution. (3) the factors inhibiting the implementation process of Mentari Ilmu 3 learning course institution program in Sukun, Malang are the untidy management system, minimum coordination and commitment from the tutor, unclear target, and minimum number of educators. The supporting factors are the infrastructure, activities outside the learning course program, free-charge leaning course and conducive environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pendidikan; Nonformal; Lembaga Bimbingan Belajar; Education Model; Learning Course Institution | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 10:50 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 10:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12918 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |