Mauludiyah, Novita (2018) Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima proses belajar mengajar yang dilakukan oleh pendidik. Penilaian hasil belajar memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang telah berjalan. Hasil belajar dapat dilihat melalui skor atau nilai setelah siswa mengerjakan suatu tes atau ulangan.Hasil belajar dikategorikan menjadi tiga yaitu kognitif, afektif, psikomotoris.Hasil belajar setiap siswa berbeda karena dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu diantaranya lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan, (2) Menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan, (3) Menjelaskan pengaruh lingkugan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis yang sudah ada.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang dipersepsikan pada siswa untuk mengetahui variabel lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.Instrument yang juga digunakan adalah dokumen yang dipergunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan yang ditunjukkan dengan ttabel(1,972) < thitung (2,204). (2) lingkungan keluarga berpengruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan yang ditunjukkan dengan ttabel (1,972) > thitung (2,078). (3) lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan yang ditunjukkan dengan Fhitung (5,275) < Ftabel (3,04) dengan signifikansi 0,006 (α = 0,05).
English:
Learning Outcome is the students’ ability after undergoing learning and teaching process performed by the educator. The assessment of learning outcome aims to find out to what extent the learning process has been carried out. The learning outcome can be seen through students’ score after taking a test. Learning outcome is categorized into three aspects namely cognitive, affective, and psychomotor. The learning outcome of each student is different since it is influenced by various factors such as school and family environment. This study aims to: (1) explicate the influence of school environment on the eighth grade students’ learning outcome of Social Science subject in MTsN 1 Pasuruan, (2) explain the influence of family environment on the eighth grade students’ learning outcome of Social Science subject in MTsN 1 Pasuruan, (3) describe the influence of school and family environment on the eighth grade students’ learning outcome of Social Science subject in MTsN 1 Pasuruan.
To achieve those objectives, this study employs quantitative approach using explanatory research as the type of research that is a research aiming to test a theory or hypothesis to strengthen or even refuse an existing theory or hypothesis. The instrument used in this study is questionnaire given to students to know the school and family environment variables. The other instrument is the document used to find out the students’ learning outcome. This study employs multiple regression analysis, t-test, and f-test. The results of the study indicate that (1) school environment does not give a positive and significant influence on the eighth grade students’ learning outcome of Social Science subject in MTsN 1 Pasuruan as shown by ttable(1,972) <tcount (2,204). (2) Family environment does not have a significant and positive influence on the eighth grade students’ learning outcome of Social Science subject in MTsN 1 Pasuruan as shown by ttable(1,972) <tcount (2,078). (3) Family and school environment do not have a significant and positive influence on the eighth grade students’ learning outcome of Social Science subject in MTsN 1 Pasuruan as shown by Fcount (5,275) >Ftable(3,04) with significance of 0,006 (α = 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Lingkungan Keluarga; Hasil Belajar; School Environment; Family Environment; Learning Outcome | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Umumatul Adzibah | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:29 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12902 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |