Nadiroh, Tatin Na’in (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada tema kehidupan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 01 Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14130117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash merupakan media untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, sehingga materi mudah dipahami oleh siswa dan tertarik dalam proses pembelajaran. Kebutuhan akan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash didasarkan pada kenyataan bahwa belum adanya penggunaan media interaktif pada mata pelajaran IPS, jadi perlu adanya media yang mengkonkritkan materi yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini antara lain adalah : (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada tema kehidupan masyarakat Indonesia; (2) Mendeskripsikan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada tema kehidupan masyarakat Indonesia di SMPN 01 Dau Malang; (3) Menjelaskan perbedan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada tema kehidupan masyarakat indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi dari pengembangan Borg dan Gall dalam 10 tahap, yaitu: (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi Awal; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Format Produk Awal; (4) Uji Coba Awal; (5) Revisi Produk; (6) Uji Coba Lapangan; (7) Revisi Produk; (8) Uji Lapangan; (9) Revisi Produk Akhir; (10) Desiminasi dan Implementasi
Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash melalui sepuluh tahapan dengan 3 uji validitas yaitu: ahli materi, ahli desain media dan ahli pembelajaran (2) Hasil kelayakan produk, peneliti memberikan angket kelayakan kepada 28 siswa dengan pencapaian presentase sebesar 88,42%. Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif macromedia flash telah mencapai kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran. (3) Perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan uji t secara manual dapat diputuskan bahwa H1 diterima. thitung lebih besar dari ttabel yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan produk media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash lebih baik dengan kelas yang tidak menggunakan produk media pembelajaran pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash.
ENGLISH:
Development of interactive learning media based on macromedia flash is a medium to help teachers in explaining learning materials, so that the material easily understood by students and interested in the learning process. The need for interactive learning media based on macromedia flash is based on the fact that there is no use of interactive media on IPS subjects, so the need for media that mengkonkritkan material that is abstract. The purpose of this research were (1) Describe the process of developing interactive media-based macromedia flash on the theme of life of Indonesian society (2) Describe the level of feasibility of interactive learning media based on macromedia flash on the theme of life of Indonesian people in SMPN 01 Dau Malang (3) Explain perbedan learning outcomes between classes that use media with classes that do not use interactive learning media based on macromedia flash on the theme of life of Indonesian society. The research method used is research and development method (R&D). The development model in this study adapts from the development of Borg and Gall in ten stages, (1) Research and information gathering, (2) Planning, (3) Initial product format development, (4) Initial test, (5) Product Revision, (6) Field Trial, (7) Product Revision, (8) Field Test, (9) revision of final product, (10) Dissemination and Implementation.
The results showed that (1) the process of developing interactive media macromedia flash through ten stages with three validity test that is material expert, media design expert and learning expert (2) Results of product feasibility, the researcher gave a questionnaire to 28 students with achievement percentage of 88.42%. This indicates that the interactive media macromedia flash has reached the eligible criteria for use in learning. (3) The difference in student learning outcomes based on t test manually can be decided that H1 is accepted. tcount bigger than ttable indicating that student learning outcomes between classes using interactive macromedia flash based learning media products better with classes that do not use interactive learning media products based on macromedia flash learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Development of Learning Media; Macromedia flash, Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Naila Imroatul Muhsina | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:19 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12886 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |