Responsive Banner

pengaruh dukungan guru terhadap percaya diri mengemukakan pendapat siswa kelas III Sekolah Dasar Islam (SDI) Surya Buana Kota Malang

Maulidiah, Zulfa (2018) pengaruh dukungan guru terhadap percaya diri mengemukakan pendapat siswa kelas III Sekolah Dasar Islam (SDI) Surya Buana Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full Text)
14140028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Siswa dalam Proses belajar mengajar membutuhkan rasa percaya diri terutama dalam hal menunjukkan kemampuannya salah satunya adalah kemampuan mengemukakan pendapat karena dengan begitu siswa akan terlatih dan terbiasa mengemukakan pendapat di depan orang banyak tanpa rasa takut. Guru sebagai orang tua siswa di sekolah perlu untuk memberikan dukungan-dukungan berupa perhatian, bimbingan, dan penghargaan pada siswa. Hal ini yang akan membuat siswa mengembangkan sikap positif sehingga tidak takut untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki salah satunya adalah kemampuan mengemukakan pendapat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan tingkat dukungan guru kepada siswa kelas III SDI Surya Buana Kota Malang, (2) menjelaskan tingkat percaya diri mengemukakan pendapat siswa kelas III SDI Surya Buana Kota Malang, dan (3) menjelaskan pengaruh dukungan guru terhadap percaya diri mengemukakan pendapat siswa kelas III SDI Surya Buana Kota Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitia korelasi. . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian mengkategorisasikan tingkat dukungan guru dan percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Teknik yang digunakan untuk menguji pengaruh dukungan guru terhadap percaya diri mengemukakan pendapat siswa adalah regresi sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) tingkat dukungan guru pada kategori tinggi sebesar 15,39% (8 siswa), sedang sebesar 63,46% (33 siswa), dan rendah sebesar 21,15% (11 siswa), (2) tingkat percaya diri siswa dalam mengemuakakn pendapat pada kategori tinggi sebesar 17,31% (9 siswa), sedang sebesar 65,38% (34 siswa), dan rendah sebesar 17,31% (9 siswa), (3) hasil pengaruh dukungan guru terhadap percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat menunjukkan nilai konstanta sebesar 24,659 dan koefisien regresi x sebesar 0,981 dengan nilai signifikan 0,00 yang berarti ≤ 0,05. Artinya semakin tinggi dukungan guru kepada siswa, maka semakin tinggi pula percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat.

ENGLISH:

The students in the process of teaching and learning need for self-confidence, especially in showing the ability to express the opinions and it will be trained and accustomed to express opinions in front of people without fear. Teachers as parents at school need to provide support of attention, guidance, and appreciation to students. This will make students to develop a positive attitude, so they do not afraid to show the ability to express the opinions.

The purposes of the research are to (1) explain the level of teacher support to the students of the third grade of SDI of Surya Buana of Malang, (2) explain the level of self-confidence to express the opinions of third grade students of SDI of Surya Buana of Malang, and (3) explain the influence of teacher support against self-confidence to express the opinion of the third grade of SDI of Surya Buana of Malang. To achieve the purposes above, it used Quantitative research methods with the type of correlation research. Data collection techniques used questionnaires and documentation. Then it categorized the level of teacher support and self-confident of students in expressing opinions. The technique that was used to examine the influence of teacher support against self-confidence in expressing opinions of the student was a simple regression.

The research results indicated that (1) the level of teacher support was in the high category of 15.39% (8 students), medium amounted 63.46% (33 students), and low amounted 21.15% (11 students), (2) self confidence level of students in expressing the opinions was in high category that amounted 17,31% (9 students), medium amounted 65,38% (34 students), and low amounted 17,31% (9 students), (3) the results of the influence of teacher support against self-confidence of students in expressing the opinions showed a constant value of 24.659 and regression coefficient of x of 0.981 with significant value of 0.00 which meant that ≤ 0.05. This meant that the higher of the teacher support against the students, the higher of self-confidence of the student in expressing opinions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahyuni, Esa Nur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahyuni, Esa NurUNSPECIFIED
Keywords: Dukungan guru; Percaya diri mengemukakan pendapat; teacher support; self-confidence to express the opinions
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with username latihan17
Date Deposited: 20 Feb 2019 11:02
Last Modified: 20 Feb 2019 11:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12878

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item