Nurvita, Alfyana Ima (2018) Peran guru sejarah dalam meningkatkan karakter nasionalis pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
14130114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan diharapkan untuk merubah cara berfikir individu menjadi menjadi lebih baik. Peran guru dalam meningkatkan karakter nasionalis siswa sangat diperlukan. Karakter nasionalis merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap warga Negara, yaitu mencintai, menjaga, membela, dan mengharumkan nama Negara Indonesia. Karakter nasionalis diperlukan para generasi penerus dalam membangun bangsa dan Negara di kemudian hari. Meningkatkan karakter nasionalis dapat dilakukan melalui pembelajaran di sekolah, salah satunya dengan melalui mata pelajaran sejarah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk menjelaskan proses pendidikan dalam rangka meningkatkan karakter nasionalis siswa kelas XI jurusan IPS MA Almaarif Singosari Malang, (2) untuk menjelaskan peran guru sejarah dalam meningkatkan karakter nasionalis siswa kelas XI Jurusan IPS MA Almaarif Singosari Malang, (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses meningkatkan karakter nasionalis siswa kelas XI Jurusan IPS MA Almaarif Singosari Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Istrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses pendidikan untuk meningkatkan karakter nasionalis meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kegiatan ekstrakulikuler (2) Peran guru sejarah dalam menjembatani antar generasi, menanamkan rasa cinta tanah air, menanamkan nilai-nilai keteladanan, menanamkan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab (3) faktor pendukung dan penghambat proses meningkatkan karakter nasionalis siswa adalah materi pembelajaran sejarah, perkembangan teknologi dan komunikasi, media massa dan sekolah.
ENGLISH:
Education is expected to change the the better individual thinking way. The role of teacher in improving the nationalist character of students is necessary. Nationalist character is a character that must be owned by every citizen, namely love, guard, defend, and scent the name of the State of Indonesia. Nationalist character is needed by the next generation in building nation and state in the future. Improving the nationalist character can be done through learning in school, one of it is through the subjects of history.
The purposes of the research are: (1) to explain the educational process in order to improve the nationalist character of students of Social Science Education (IPS) grade XI of MA Almaarif Singosari of Malang, (2) to explain the role of history teacher in improving nationalist character of IPS class XI students of MA of Almaarif Singosari of Malang, (3) to describe the supporting and inhibiting factors in the process in improving the nationalist character of IPS grade XI students of MA of Almaarif Singosari of Malang.
To achieve the objectives above, it used a qualitative research approach with case study research. The key instrument was the researcher. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by reducing data, presenting data, and taking conclusions.
The research results showed that (1) the learning process in it is planning, applying, evaluating and extracurricular activities. (2) the role of history teachers in bridging between generations, instilling a sense of love for the homeland, instilling exemplary values, instilling and developing attitudes responsible (3) the supporting and inhibiting factors of the process in enhancing the nationalist character of the students are historical learning materials, technological and communication developments, mass media and the schools.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Mokhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru; Sejarah; Karakter Nasionalis; The Role of Teacher; History; Nationalist Character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Respati Aji Subakti | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:56 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12862 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |