Alfikholisnah, Alfikholisnah (2018) Pengaruh intensitas belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas X dan XI SMK Islam Kalipare Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
14130094.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor Internal maupun Eksternal. Salah satu faktor Internal yang memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap pencapaian hasil belajar siswa adalah Intensitas belajar. Dan salah satu faktor eksternal yang sangat berperan dalam menentukan hasil belajar siswa adalah status sosial ekonomi orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh Intensitas belajar terhadap hasil belajar kelas X dan XI mata pelajaran IPS SMK Islam Kalipare Malang (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar kelas X dan XI mata pelajaran IPS SMK Islam Kalipare Malang, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh Intensitas belajar dan Status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar kelas X dan XI mata pelajaran IPS SMK Islam Kalipare Malang.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linier berganda dengan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI semester II SMK Islam Kalipare Malang yang berjumlah 68 siswa. Sedangkan variabel yang harus dikaji dalam penelitian ini ada tiga variabel diantaranya variabel Intensitas Belajar, variabel status sosial ekonomi orang tua dan variabel hasil belajar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan angket.
Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung = 2,284 > ttabel = 1,996. Terdapat pengaruh dari variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung = 3,356 > ttabel = 1,996. Terdapat pengaruh positif variabel intensitas belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan Fhitung = 5,738 > Ftabel = 3,133. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa, ada pengaruh dari status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa, ada pengaruh positif signifikan dari intensitas belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar kelas X dan XI mata pelajaran IPS SMK Islam kalipare malang.
ENGLISH:
Student learning outcomes are influenced by various factors, both internal and external factors. One of the Internal factors that contribute greatly to the achievement of student learning outcomes is the intensity of learning. And one of the external factors that is very instrumental in determining student learning outcomes is the socioeconomic status of parents. The purpose of this study was to: (1) find out whether there was any effect of learning intensity on learning outcomes of class X and XI of social studies subjects in Kalipare Malang Islamic Vocational High School (2) to know whether there was influence of parents' socioeconomic status on learning outcomes of class X and XI. Social Studies in Kalipare Malang Islamic Vocational High School, (3) knowing whether there is any influence of learning intensity and socioeconomic status of parents on the learning outcomes of X and XI classes in Social Sciences of Kalipare Malang Islamic Vocational High School.
The research used in this study is quantitative research with a type of correlational research. While the analysis used in this study is the validity test, reliability test, multiple linear regression analysis with t test to determine the effect partially and the F test to determine the effect simultaneously. The population of this study was the second and second semester students of Kalipare Malang Islamic Vocational High School, totaling 68 students. While the variables that must be studied in this study there are three variables including the Learning Intensity variable, the variable socioeconomic status of parents and the variables of learning outcomes. The data collected in this study uses a questionnaire.
The results of multiple linear regression show that there is an influence of family environment variables on learning achievement as indicated by t count = 2,284 > t table = 1,996. There is an effect of learning facility variables on learning achievement which is shown by t count = 3,356> t table = 1,996. There is a positive influence on the variables of learning intensity and socioeconomic status of parents on learning outcomes as indicated by Fcount = 5.738 > Ftable = 3.133. So it can be concluded that there is an influence of learning intensity on student learning outcomes, there is an influence of parents 'socioeconomic status on student learning outcomes, there is a significant positive effect of learning intensity and parents' socioeconomic status on learning outcomes of classes X and XI of social studies subjects Poor kalipare Islamic Vocational School.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | intensitas belajar; status sosial ekonomi orang tua; hasil belajar; learning intensity; parents' socio economic status; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Respati Aji Subakti | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:54 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12854 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |