Ismawati, Luluk (2018) Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha siswa di MAN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
14130092.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia, generasi bangsa dituntut untuk kreatif dan inovatif serta mempunyai keahlian dalam menciptakaan suatu karya sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Dengan demikian pendidikan kewirausahaan di dalam kurikulum 2013 diajarkan karena dipandang dapat meningkatkan kompetensi pembangunan. Dalam memaksimalkan pembelajaran kewirausahaan dibutuhkan program-program untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha di MAN 1 Lamongan. (2) untuk memahami pelaksanaan implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha di MAN 1 Lamongan. (3) untuk mengetahui evaluasi pengimplementasian pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha di MAN 1 Lamongan. Untuk mencapai tujuan diatas, maka digunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu pengumpulan data-data yang relevan yang dapat menggambarkan pembelajaran kewirausahaan di MAN 1 Lamongan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan implementasi pendidikan kewirausahaan terdapat pendidikan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. perencanaan pendidikan intrakurikuler direncanakan dengan adanya RPP, silabus, promes, dan prota sedangkan, perencanaan pendidikan ekstrakurikuler dengan adanya rancangan pelaksanaan kegiatan; (2) pelaksanaan implementasi pendidikan kewirausahaan pada mata pelajaran kewirausahaan antara praktek dan teori dilaksanakan dengan seimbang sedangkan, pelaksanaan program keterampilan, program setara D1 Prodistik dan ekstrakurikuler kewirausahaan sendiri lebih mengutamakan pembelajaran dengan praktek; (3) evaluasi pengimplementasian pendidikan kewirausahaan dapat dilihat dari proses belajar dan hasil belajar siswa yang memicu motivasi untuk berwirausaha. Ada 3 aspek penilaian dalam proses pembelajaran yang meliputi: kedisiplinan, aktif dan kreatif, kerja keras.
ENGLISH:
In order to solve unemployment problem in Indonesia, the generation is enforced to be creative and innovative as well as having talents to create a work thus it could create their own job field. As a result, the enterpreneur education in the 2013 curriculum is taught because it is seen as an improvement towards development. In order to maximalize the enterpreneur education it is needed programs to develop the student’s interest and talent. The purpose of this research is: (1) To describe the plan of implementation of enterpreneur education to grow enterpreneur motivation in MAN I Lamongan, (2) To understand the implementation of enterpreneur education and grow enterpreneur motivation in MAN I Lamongan, (3) To acknowledge the evaluation of implemented enterpreneurship education in growing enterpreneur motivation in MAN 1 Lamongan. In order to achieve the above purpose, it uses qualitative research using case study, which is collecting the relevant data which draws the enterpreneur education in MAN I Lamongan. The key instrument is the reseacher and the data collection technique used is observation, interview and documentation.
The research result shows that: (1) The implementation plan in the enterprenurship education is intracurricular and extracurricular learning. The plan of the intracullicular is the use of RPP, silabus, promes, and prota while the plan of extracurricluar is activity: (2) The implementation of enterpreneur education in the enterpreneur teaching between practice and theory is done equally while the implementation of talent program, equal program DI prodistic and extracurricular enterpreneurship prioritize practical learning: (3) The implementation evaluation in the enterpreneurship education can be seen from learning process and student learning result which generates motivation to have business. There are 3 aspects of scoring in the learning process which includes: discpline, active, creative, and hard work.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Kewirausahaan; Motivasi Berwirausaha; Enterpreneurship Education; Enterpreneurship Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Respati Aji Subakti | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:53 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12848 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |