Uluwiyah, Nurul (2018) Pelaksanaan sekolah sehari penuh (full day school) di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
14130091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran full day school sebagai bentuk alternatif dalam upaya memperbaiki manajemen pendidikan, khususnya dalam manajemen pembelajaran, juga merupakan tuntunan kebutuhan masyarakat yang menghendaki anak dapat belajar dengan baik di sekolah dengan waktu belajar lebih lama. Sistem full day school merupakan model pembelajaran dengan penambahan waktu belajar siswa dari pagi sampai sore. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan sekolah sehari penuh (full day school) di MTs Surya Buana Malang. (2) mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan pelaksanaan sekolah sehari penuh (full day school) di MTs Surya Buana Malang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pelaksanaan full day school di MTs Surya Buana Malang adalah menggunakan lima hari efektif dari hari Senin sampai dengan hari Jum’at, proses pembelajaran di sekolah dari pagi hingga sore, terdapat program-program unggulan sekolah, lingkungan dan sarana prasarana sekolah yang mendukung, dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. (2) Keunggulan dan kelemahan dalam pelaksanaan full day school di MTs Surya Buana Malang berdasarkan keunggulan diantaranya adalah mampu membentuk karakter dan akhlak, menghindarkan siswa dari hal-hal negatif, meningkatkan intensitas pertemuan guru dengan siswa, bersahabat/komunikatif, meningkatkan kualitas ibadah, meningkatkan kemampuan guru dan psikomotorik siswa, berdasarkan kelemahan dalam pelaksanaan full day school diantaranya adalah siswa kelelahan dan jenuh pada jam terakhir.
INGGRIS :
The learning of full day school as alternative to improve the education management, especially in the learning management, full day school is also guidance of society needs that want the children to learn well in the school with the longer time. The system of full day school is a learning model with the longer time, from morning until afternoon. The purpose of this study are: 1) describes the process of full day school in MTs Surya Buana Malang. 2) describes the advantages and disadvantages the implementation of full day School in MTs Surya Buana Malang. This research used descriptive qualitative approach to achieve the objectives. Data collection took from with depth interviews, observation and documentation. The validity data checking using triangulation credibility test. The data analysis used data reduction, presentation of data and the conclusion.
The result show that, 1) the implementation process of full day school in MTs Surya Buana Malang from morning until afternoon in five effective days from Monday to Friday and there are excellent programs of school, environment, supporting school infrastructure and applying the various learning methods, 2) The advantages and disadvantages the implementation of full day school in MTs Surya Buana Malang based on the superiority of the school such as creating the character and morals to avoid the students from negative things, increase the intensity between teacher and students, improving the quality of worship, increase the teacher’s and students’ ability, and the disadvantages of full day school are exhausted and saturation in the last hour of the study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Full Day School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Respati Aji Subakti | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2019 14:52 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2019 14:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12844 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |