Nuha, Ulin (2018) Kepemimpinan pendidikan Islam: Studi model kepemimpinan pendidikan islam di Pondok Pesantren Anshofa Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110226.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Model Kepemimpinan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Anshofa Karangbesuki kota Malang adalah untuk menghasilkan sosok santri yang berjiwa Pemimpin dan mampu memiliki kedisiplinan dan kemandirian sebagai upaya meningkatkan kualitas Jiwa sosial santri. Lokasi Penelitian yaitu Jl Candi V B nomor 287 Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Model Kepemimpinan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Anshofa Malang, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Kepemimpinan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Anshofa Malang.
Penelitian ini merupakan analisis Deskriptif, data dikumpulkan dengan menggunakan Observasi, Wawancara,.Dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu di peroleh secara langsung dan sumber data sekunder. Tekhnik Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, di mana peneliti berusaha menemukan keunikan, permasalahan dan mencari jalan keluar atau pemecahan masalah yang di hadapi sehingga mendapatkan suatu kesimpulan yang berguna bagi Pondok Pesantren Anshofa Malang dalam melaksanakan Model kepemimpin pendidikan islam secara kolektif. Dengan Lngkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Dalam Penelitian ini diperoleh hasil bahwa, (1) Model Kepemimpinan Pendidikan Islam dengan model Kolektif dan (2) Faktor pendukung model kepemimpinan kolektif ini yaitu kedewasaan santri, efisiensi jumlah santri, sedangkan faktor penghambatnya adalah kegiatan santri di luar pesantren dan pola pikir mahasiswa yang cenderung kritis.
ABSTRACT
Model of Leadership of Islamic Education in Anshofa Islamic Boarding School Karangbesuki Malang city due to produce Leadership figure, discipline student and independence in order to increase the social sensitivity of students. The research location is Jl Candi V B number 287 Karangbesuki sub-district Sukun, Malang City.
The purpose of this research is to know: (1) Leadership Model of Islamic Education in Anshofa Islamic Boarding School of Malang, (2) Supporting Factors and Inhibiting Leadership of Islamic Education.
This research use the descriptive analysis and the data collection by Observation, Interview, .Documentation. The Data Source consists of primary data that is in direct and secondary data. The Technique of Data analysis in this research is descriptive qualitative, researcher try to find; uniqueness, problems and problem solving that faced, for the beneficial result for Anshofa Islamic Boarding School of Malang in executing model of education leadership of Islam collectively. With Data reduction steps, presenting the data and drawing conclusions.
Base on this research, researcher found that, (1) Model of Leadership of Islamic Education with Collective Leadership Model (2) The supporting factor of this leadership model is the maturity of students, the efficiency of the number of students, while the inhibiting factor is the student activities outside the boarding and the mindset of students who tend to be critical.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muslimin, Imam | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Kepemimpinan Kolektif; Pendidikan Islam; Pesantren; Collective Leadership Model; Islamic Education; Islamic Boarding | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2019 13:41 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2019 13:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12829 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |