Responsive Banner

Pembinaan akhlak melalui program full day school: Studi kasus di MTS Surya Buana Malang

Umah, Choirul (2018) Pembinaan akhlak melalui program full day school: Studi kasus di MTS Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14110138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewasa ini kenakalan remaja berkembang begitu luas, sehingga banyak terjadi perbuatan-perbuatan asusila seperti pencurian, pembunuhan, penggunaan narkoba, seks bebas, dan perkelahian anak sekolah. Kemerosotan moral tersebut menimbulkan kersahan di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Penanaman dan pembinaan akhlak merupakan salah satu untuk mengatasinya, khususnya melalui program Full Day School. Sekolah tidak hanya dituntut sebagai tempat untuk proses belajar mengajar, tetapi juga diharapkan sebagai wadah untuk membina akhlak kepada siswa.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui program Full Day School di MTs Surya Buana Malang (2) Mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui program Full Day School di MTs Surya Buana Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pertama Melalui keteladanan, dalam pelaksanaan pembinaan akhlak guru memberikan contoh yang baik berupa perkataan maupun perbuatan yang sesuai dengan kaidah dalam Islam agar dijadikan panutan bagi siswa. Kedua program pembiasaan yang berupa kegiatan keagamaan seperti mengaji, membaca Asmaul Husna, CIP (Cerita Inspirasi Pagi), sholat Dhuha berjamaah, sholat Dhuhur dan sholat Ashar berjamaah, dan puasa snnah senin kamis. Ketiga pemberlakuan sistem poin bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah guna meminimalisir pelanggaran yang terjadi. (2) Dampak positif dari pelaksanaan pembinaan akhlak melalui Full Day School adalah secara tindakan/perbuatan, kegamaan, dan prestasi menjadi lebih baik. Dampak negatif dari pelaksanaan pembinaan akhlak melalui program Full Day School adalah kurangnya sosialisasi terhadap lingkungan masyarakat dan sering merasa capek dan mengantuk.

Saran dari penelitian ini adalah pelaksanaan Full Day School yang sudah berjalan lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi untuk membina akhlak siswa agar sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu siswa juga harus mempertahankan akhlak yang baik dalam madrasah maupun diluar madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maimun, Agus
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMaimun, AgusUNSPECIFIED
Keywords: Pembinaan Akhlak; Full Day School; Guidance of Morals
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naila Imroatul Muhsina
Date Deposited: 10 Jan 2019 13:39
Last Modified: 10 Jan 2019 13:39
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12827

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item