Hasanah, Alfiatul (2018) Pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Sinar Harapan Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Sinar Harapan Kota Probolinggo. Seperti yang diketahui bahwa melakukan proses belajar mengajar pada anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan anak normal pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus tentu memiliki hambatan yang berbeda-beda dalam menerima pembelajaran sesuai kebutuhannya. Tentu hal ini cukup unik untuk dibahas dikarenakan anak berkebutuhan khusus butuh penanganan yang berbeda dan khusus daripada umumnya. Lalu bagaimanakah anak berkebutuhan khusus ini dapat mengikuti proses belajar mengajar pendidikan agama Islam di dalam kelas, sedangkan mereka memiliki hambatan dalam panca indra.
Berdasarkan pernyatan tersebut, dirumuskan pokok permasalahan sebagai berikut: Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo?, Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo?, dan Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo?.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan merupakan data kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang diterapkan bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam seperti pada umumnya. Namun dilihat dari segi kurikulum, tujuan, media, bahan pelajaran, metode, siswa, guru, hingga proses evaluasi berbeda dengan sekolah pada anak normal biasanya. Hal ini dikarenakan system pengajarannya disesusaikan dengan kondisi siswa yang memiliki keterbatasan yang berbeda-beda. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajarannya pun sedikit lebih rendah dibandingkan sekolah pada umumnya dikarenakan adanya keterbatasan fasilitas dan sumber daya pengajar pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo.
ABSTRACT
This thesis discusses the study Islamic studies on children in need of special education, is part of the rights of all people, and everyone deserves a decent education, even for the children in need special though. As it is known that in the process of teaching and learning in children in need special child with normal certainly different in General. Children in need special certainly has different obstacles in receiving appropriate learning needs. Of course this is quite unique for a children in need special because discussed the need of handling different and specific rather than General. Then how did the children in need special, this can follow the teaching and learning process of Islamic education in the classroom, while they have barriers in the senses.
Based on the statement, the principal problem is formulated as follows: How Planning Study Islamic studies on Children in need of special secondary school First extraordinary (SMPLB) ray of hope of Probolinggo?, How the implementation of Islamic Learning in children in need special Outstanding middle school (SMPLB) ray of hope of Probolinggo?, and how Evaluation Learning Islamic studies on Children in need of special in an outstanding middle school (SMPLB) ray of hope of Probolinggo?.
This research is the research field (Field Research) using qualitative descriptive approach. The type of data collected is qualitative data, while the data collection method using interviews, documentation, and observations. Applied data analysis qualitative descriptive nature.
The research results obtained are the process of implementation of Islamic education such as learning in General. But seen in terms of curriculum, goals, media, materials, methods, students, teachers, and the evaluation process is different to the normal child usually school. This is due to use in teaching system to condition students who have different limitations. In addition, in the implementation of any lesson that is a little lower than the school in general due to the existence of the limitation of facilities and teaching resources to the study of Islamic religious education in junior high school (Extraordinary SMPLB Sinar Harapan Probolinggo).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan; agama; Islam; Anak berkebutuhan khusus; Sekolah Luar Biasa; learning; Education; religion; Islam; Children in need special; Exceptional School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2019 13:33 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2019 13:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12820 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |