Yanti, Wahdatun Novi (2018) Analisis sentimen media sosial (Twitter) terhadap layanan provider telekomunikasi (Telkomsel) menggunakan metode multinomial Naïve Bayes. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11650006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Mikroblog Twitter dewasa ini menjadi salah satu rujukan bagi para netizen untuk memberikan kesan dan pendapatnya, baik opini yang bersifat positif ataupun bersifat negatif. Para produsen barang dan jasa di Negara barat memanfaatkannya sebagai bahan koreksi terhadap barang dibuat apakah para konsumen merasa puas atau tidak. Di Indonesia hal tersebut dapat di implementasikan juga sebagai tolak ukur kinerja layanan dari produk, karena sebagian besar dari mereka merupakan pengguna twitter.
Analisis Sentimen merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan evaluasi dan mengidentifikasi emosi dan opini baik positif maupun negatif. Penelitian ini mencoba memanfaatkan dengan menganalisis tweet berbahasa Indonesia yang membicarakan tentang merk atau brand (provider seluler). Merk dan brand tersebut dianalisis merupakan yang memiliki nilai popularitas tinggi.
Oleh karena itu, perlu dibuat yang mampu mengetahui respon sentiment netizen terhadap objek yang ditentukan baik bersifat positif maupun bersifat negatif menggunkan metode Multinomial Naïve Bayes yang berfungsi sebagai penentu relevansi dari hasil pengambilan data tweet di twitter (crawling) terhadap tema yang diinginkan dan kemudian metode Multinomial Naïve Bayes dipakai sebagai pengklasifikasian hasil relevansi terhadap dua kategori yaitu positif dan negative. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode Multinomial Naïve Bayaes dapat memberikan hasil relevansi dan klasifikasi akurat terhadap analisis sentiment.
ENGLISH:
Twitter microblogs today become one of the references for netizens to give the impression and opinion, either opinion that is positive or negative. The producers of goods and services in the western State use it as a corrective material to the goods made whether the consumers are satisfied or not. In Indonesia it can be implemented also as a benchmark of service performance of the product, because most of them are users of twitter.
Sentiment Analysis is a technique used to evaluate and identify both positive and negative emotions and opinions. This research tries to make use of by analyzing Indonesian tweets that talk about brand or brand (cellular provider). Brand and brand are analyzed is that has a high popularity value.
Therefore, it is necessary to be made able to know the response of netizen sentiment toward the specified object either positive or negative using Multinomial Naïve Bayes method which serves as determinant of relevance of tweet data retrieval result on the desired theme and then Multinomial method Naïve Bayes is used as a classification of relevance results in two categories: positive and negative. Based on the test results can be concluded that Multinomial Naïve Bayaes method can provide accurate relevance and classification of sentiment analysis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawan, Fachrul and Mardhiyah, Ainatul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Twitter; Analisis Sentimen; Multinomial Naïve Bayes; Sentiment Analysis | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Laily Nur Isnaini | |||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2018 10:53 | |||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2018 10:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12287 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |