Wahyuni, Adelina Dita (2018) Implementasi strategi marketing mix pada pembiayaan Pensiun BSM: Studi kasus pada PT.Bank Syariah Mandiri Kantor Area Malang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15530008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAk
Untuk dapat memenangkan suatu persaingan usaha, salah satunya usaha dibidang keuangan yaitu perbankan. Tingginya tingkat persaingan menuntut bank untuk menyikapi pola fikir konsumen.Strategi pemasaran harus dirancang dengan tepat dan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi marketing mix.Strategi Marketing Mixyang dilakukan perbankan syariah untuk menginformasikan kepada nasabah tentang aktivitas yang ada dalam perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi marketing mix pada pembiayaan pensiun BSM di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Malang.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Subyek penelitian ini ada tiga orang. Data dikumpulkan dengan caraobservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi marketing mix pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Malang berupa 7P.Produk, pembiayaan pensiun salah satu produknya.Harga, biaya administrasi murah serta margin yang bersaing. Promosi, dengan cara mendatangi langsung calon nasabah, sosialisasi dan brosur. Tempat, lokasi strategis.Orang, karyawan yang berperan adalah Sales Force dan Consumer Banking Relationship Manager. Proses, terdapat lima proses dalam melakukan pembiayaan. Bukti fisik, PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Malang mempunyai bangunan yang cukup besar dan rapi.
ABSTRACT
To be able to win a business competition, one of the efforts in the field of finance is banking. The high level of competition requires bank to respond the consumer’s mindset. A marketing strategy must be designed appropriately and implemented to fulfillwhat theconsumer needs and achieve the company goals. One strategy that is used is marketing mix strategy. Marketing Mix Strategy that can be done by sharia banking to inform the customersconcerning the activity that occurs in banking. The purpose of this research is to find out the implementation of marketing mix strategy based on BSM pension funding at PT. Bank Syariah Mandiri Area Officeof Malang.
This research used qualitative method with descriptive approach. The subjects were three people. The data were collected by observation, interview and documentation. The data analysis used data reduction, data presentation and conclusion.
From the result, it indicates that the implementation of marketing mix strategy at PT. Bank Syariah Mandiri Area Office of Malang is 7P. Pension financing is one of its products. Price, a low administrative cost and also a competitive margin. Promotion, by visiting directly to prospective customers, socialization and brochures. Place, a strategic location. People, employees who play a role are Sales Force and Consumer Banking Relationship Manager. Process, there are five processes in financing. Physical evidence, PT. Bank Syariah Mandiri Area Office of Malang has a fairly large and also neat building.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Marketing Mix; Pembiayaan Pensiun BSM; Marketing Mix Strategy; Pension Funding BSM | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah (D3) | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2018 13:31 | ||||||
Last Modified: | 16 Nov 2018 13:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11976 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |