Responsive Banner

Hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada peserta didik Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat Kudus dengan intensitas membaca al-Qur’an sebagai variabel moderator

Lubaba, Lubaba (2018) Hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada peserta didik Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat Kudus dengan intensitas membaca al-Qur’an sebagai variabel moderator. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14410139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Ujian merupakan salah satu sumber penyebab kecemasan pada peserta didik. Kecemasan ujian selalu berkaitan dengan masalah pandangan yang keliru tentang ujian sehingga mengakibatkan keadaan tersebut sangat mengganggu dan tidak menyenangkan. Untuk mengatasi kecemasan yang ada di dalam diri individu, cara yang efektif dalam mengatasi kecemasan atau tekanan psikologis terhadap situasi yang mengancam yaitu berupa pemberian dukungan sosial. Keintensitasan individu dalam membaca Al-Quran juga dapat memberi efek ketentraman dan ketenangan sehingga dapat menurunkan serta mengatasi kecemasan dalam diri individu.

Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin meneliti tingkat dukungan sosial, tingkat kecemasan, tingkat intensitas membaca Al-Qur’an, hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi ujian dan hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada peserta didik madrasah aliyah nahdlatul ulama banat kudus dengan intensitas membaca Al-Qur’an sebagai variabel moderator.

Jenis motede yang digunakan yaitu metode kuantitatif, yang terdiri dari dukungan sosial sebagai variabel bebas, kecemasan sebagai variabel terikat dan intensitas membaca Al-Qur’an sebagai variabel moderator. Jumlah populasi sebanyak 335 peserta didik kelas XII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 77 peserta didik kelas XII MA NU Banat Kudus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala dukungan sosial, skala kecemasan dan skala intensitas membaca Al-Qur’an. Untuk menganalisis data menggunakan teknik koefisiensi Korelasi Pearson Product Moment dan Moderated Regression Analysis (MRA) melalui program SPSS 22.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat dukungan sosial yang didapatkan sebesar 62,34% berada pada kategori sedang. 2. Tingkat intensitas membaca Al-Qur’an sebesar 71,43% berada pada kategori sedang. 3. Tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian sebesar 77,92% berada pada kategori sedang. 4. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada peserta didik MA NU Banat Kudus sebesar -.379 dan Sig sebesar 0,001. 5. Tidak ada peran moderator pada variabel intensitas membaca Al-Qur’an.

ENGLISH:

Examination is one of the sources of anxiety in learners. Anxiety in exam is always related to a mistaken opinion about the exam. This makes the condition is very disturbing and unpleasant. Therefore, an effective way to tackle the anxiety in exam or the pressure psychological in the situation threating is giving social support. Besides, the intensity of reading Al-Qur’an is also able to tackle the anxiety, because it can give peace and tranquility to the readers.

According to that background, researcher wants to examine the level of social support, the level of anxiety, the level of intensity of reading Al-Qur’an, the relationship between social support and anxiety in exam and the relationship between social support and anxiety in exam on the learners of islamic senior high school nahdlatul ulama banat kudus with the intensity of reading Al-Qur’an as moderator variable.

This type of method used is quantitative methode, which consists of social support as independent variable, anxiety as dependent variable, and intensity of reading Al-Qur’an as moderator variable. Total populations are 335 12nd grade learners of Islamic Senior High School Nahdlatul Ulama Banat Kudus. Whereas, the sampling technique used in this research is Probability Sampling by using Cluster Random Sampling, so it is obtained the sample as much as 77 12nd grade learners Islamic Senior High School Nahdlatul Ulama Banat Kudus. And the reasearch instrument used is the scale of social support, the scale of anxiety, and the scale of intensity of reading Al-Qur’an, while to analyze the data by using Pearson Product Moment Correlation and Moderated Regression Analysis (MRA) with SPSS 22.0 for windows Programme.

The result of this research indicates that: 1. The lavel of social support is 62,34 % in the medium category. 2. The level of intensity of reading Al-Qur’an is 71,43 % in the medium category. 3. The level of anxiety is 77, 92 % in the medium category. 4. There is a significant relationship between social support and anxiety in exam as much as -.379 and Sig as much as 0,001. 5. There is no moderator role on the variable of intensity of reading Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Aziz, Rahmat
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAziz, RahmatUNSPECIFIED
Keywords: Dukungan Sosial; Kecemasan; Intensitas Membaca Al-Qur’an; Social Support; Anxiety; Intensity Of Reading Al-Qur’an
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 15 Aug 2018 14:10
Last Modified: 15 Aug 2018 14:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11934

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item