Ramadani, Alifia Ayu (2017) Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengembangan berpikir kreatif siswa MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondangegi Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan emosional merupakan hal yang sangat penting yang dimiliki oleh individu dalam dunia pendidikan. Kecerdasan emosional merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi pemikiran seseorang untuk lebih kreatif. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat adakah pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap pengembangan berpikir kreatif siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara kecerdasan emosi dengan kreativitas siswa di MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi Kabupaten Malang. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui alasan kecerdasan emosi dapat atau tidak dapat mempengaruhi kreativitas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II-VI MI Mambaul Ulum dan guru di MI Mambaul Ulum. Dalam penelitian ini digunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk memperoleh data tentang kecerdasan emosional (EQ) dan kreativitas. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengambil gambar secara langsung pada saat penelitian.
Setelah data diperoleh selanjutnya diadakan beberapa analisis untuk menjawab hipotesis. Dalam hal ini penulis menggunakan rumus analisis regresi sederhana. Sebelum menganalisis dengan regresi sederhana, maka diadakan uji prasarat yaitu uji normalitas data dan uji linieritas data. Berdasarkan analisis data didapatkan taraf signifikan nilai f hitung 0,292 lebih besar dari nilai alpha 0,05 yang berarti bahwa tingkat kecerdasan emosional tidak memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan berpikir kreatif. Kecerdasan emosional (EQ) memberikan pengaruh atau kontribusi terhadap kreativitas sebesar 7,4% , dan sisanya 92,6% dipengaruhi oleh variabel lain selain kecerdasan emosional (EQ).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional guru terhadap pengembangan berpikir kreatif siswa di MI Mambaul Ulum tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian selanjutnya hendaknya peneliti memilih sampel yang lebih tepat dan menggunakan data sampel sesuai keadaan sampel itu sendiri.
ABSTRACT
Emotional intelegence is an important thing possessed by individuals in the education world. Emotional intelegence is an internal factor which can affect someone's way of thinking to be more creative. Therefore, the researcher wanted to know if there is any effect of teacher's emotional intelegence to the development of student's creative thinking.
This research was aimed to see if there is effect between emotional intelegence and the students' creative thinking in MI Mambaul Ulum. Besides, the researcher also wanted to know the reasons whether or not emotional intelegence could affect the creativity.
This was a quantitative reasearch. The population in this research were all of the students in II-VI class in MI Mambaul Ulum. Questionnaire and documentation were used in collecting the data. Questionnaire was used to collect the data of emotional intelegence (EQ) and the creativity while documentation was used to take some pictures when the research was held.
After collecting the data, analyzing was done to answer the hypotheses. The researcher applied the formula of simple regretion analysis. Before analyzing with the formula, pre-test was done which was test data normality and test data linearity. Based on the analysis data, significant value of f counted 0,292 bigger than the value of alpha 0,05 which meant that the level of emotional intelegence did not give positive and positive effect to the development of the students' creative thinking. Emotional intelegence (EQ) affected or contributed to the creativity as much as 7,4%, and the remaining 92,6% were affected by other variabels except the emotional intelegence (EQ).
The conclusion of this research is there was no positive and significant effects of teacher's emotinal intelegence to the development of the students' creative thinking in MI Mambaul Ulum period 2016/2017. For the future research, it is better for the reseacher to choose more proper samples and use samples data accroding to the samples' circumtances themselves.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Emosional; Kreativitas; Emotional; Creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2018 09:30 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 10:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/11849 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |